Berita

Kemerdekaan bangsa merekatkan kerukunan dan meningkatkan kesatuan

Foto:

Narasi: Marsella Fiya Aulia*

Bacaekon – Perayaan Hari Kemerdekaan Indonesia ke-78 menjadi hari yang dinanti-nanti oleh masyarakat Indonesia. Dalam merayakan Hari Kemerdekaan Indonesia, banyak perayaan yang dilakukan oleh pemerintah maupun masyarakat untuk menyambut Hari Kemerdekaan ini. Dengan adanya perayaan tersebut diharapkan dapat meningkatkan solidaritas, kerukunan, kekompakkan antar masyarakat serta meningkatkan jiwa patriotisme yang tinggi. 

Perayaan Kemerdekaan Indonesia di beberapa daerah tentunya dilakukan dengan berbagai cara oleh warga setempat, khususnya di daerah lereng Gunung Perahu yaitu di Desa Bawang,  Kecamatan Bawang, Kabupaten Batang, Provinsi Jawa Tengah. Rangkaian acaranya diisi dengan berbagai macam perlombaan, antara lain lomba gerak jalan, lomba bersih lingkungan, lomba tarik tambang, hingga lomba kreasi tumpeng. Perlombaan ini diikuti oleh semua kalangan, mulai dari anak-anak, remaja, dewasa, hingga lansia pun ikut memeriahkan acara. Rangkaian acara ini nantinya ditutup oleh acara puncaknya yaitu, karnaval yang nantinya akan diikuti oleh semua masyarakat.

Acara untuk menyambut Kemerdekaan Republik Indonesia yang diselenggarakan di Desa Bawang  ini sudah dimulai sejak tanggal 5 Agustus 2023 sampai tanggal 22 Agustus 2023. Melalui sambutan pada salah satu pembukaan lomba, kepala desa Bawang menyatakan bahwa lomba yang diadakan bukanlah menjadi ajang kompetisi namun untuk meningkatkan ikatan antara para warga desa. Para warga juga berharap agar nantinya acara ini dapat saling merekatkan kerukunan antara satu dengan yang lainnya dan juga menumbuhkan jiwa patriotisme yang tinggi.

“Tujuan utama diadakannya acara ini yaitu untuk meningkatkan kerukunan antar masyarakat, meningkatkan kekompakkan, menumbuhkan jiwa patriotisme yang kuat, mempunyai rasa cinta pada tanah air, dan juga untuk meneruskan jasa-jasa pahlawan yang telah berjuang untuk membuat Bangsa Indonesia ini merdeka.” tutur Sang Kepala Desa. 

Setelah pembukaan, para warga menyambut dengan antusiasme yang sangat tinggi serta saling bekerja sama dan menuangkan pikiran antara satu dan yang lain agar perlombaan yang nantinya dilaksanakan dapat berjalan dengan baik dan membuahkan hasil yang sesuai dengan harapan. 

Editor: Naufal Rahendra

*Penulis adalah magang LPM Ekonomika

239 Total Views 3 Views Today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *