Tips

Tips Enjoy Belajar Akuntansi

Ilustrasi: Hanan Afif Wirawan

Penulis:  Charissa Putri Hanifah*

Bacaekon – Bagi sebagian orang, akuntansi bisa terasa membosankan, menyusahkan diri sendiri, kerjanya menghitung duit yang bahkan bukan duit kita sendiri, dan sebagainya. Mereka mungkin berpikir akuntansi sama halnya dengan matematika yang isinya perhitungan saja, udah capek-capek menghitung eh ternyata hasilnya salah, kan bikin kesel sendiri. Padahal walau rumit, tapi prospek kerja dari ilmu ini cukup luas meski di era gempuran berbagai kemudahan teknologi. Nah karenanya, berikut adalah beberapa saran yang bisa dilakukan agar tidak penat belajar akuntansi.

Aktif di kelas

Kamu bisa banyak bertanya di kelas tentang hal yang belum kamu pahami ke dosenmu. Jangan pernah malu bertanya, karena yang bisa mengukur sejauh mana pemahamanmu hanya dirimu sendiri. Bahkan hal sepele seperti nama akun dalam suatu transaksi itu akan sangat penting untuk dipahami lho. Kamu juga bisa selalu mengajukan diri untuk menyelesaikan kuis yang dosen berikan sebagai tolak ukur pemahamanmu, jangan takut salah, karena diri kita lebih mudah belajar dan mengingat suatu kesalahan sehingga akan meminimalisir kesalahan yang sama di masa yang akan datang. Lagian kalo salah, dosen pasti bakal kasih tahu kamu bagaimana yanag benar dan temanmu ga bakal ledekin kamu kok, kan kita sama-sama sedang berproses.

Jalin kontak dengan asdos

Kalau mata kuliah akuntansi di kelasmu memiliki asisten dosen, manfaatkan kesempatan ini sebaik-baiknya. Perbanyak komunikasi terkait pelajaran tersebut, bahkan kamu bisa minta bantuan untuk dijelaskan terkait tugas yang kamu dapatkan jika kamu belum mengerti, tapi bukan minta dikerjain asdosnya ya.

Pahami konsep dasar akuntansi

Dasar-dasar akuntansi ini penting untuk diingat dan dipahami sebelum mendalami ilmu akuntansi lainnya. Seperti persamaan dasar akuntansi yang berupa Assets equal to Liability plus Equity. Kenali juga siklus dan proses akuntansi. Jangan lupa pula untuk memperhatikan akun-akun yang berkaitan serta letak debit kreditnya. Jika belum paham kamu bisa menggunakan dua tips sebelumnya.

Miliki teman belajar

Kamu pasti tahu kalo kita pasti punya kecenderungan untuk akrab atau dekat dengan beberapa orang saja kan? Nah cobalah mendorong dirimu untuk akrab dengan mereka yang tampak lebih bisa diajak untuk belajar bareng dan sekiranya cocok denganmu, dimana orang-orang itu bisa membantumu untuk berdiskusi materi dari mata kuliah yang belum kamu pahami. Tapi jangan merasa minder, karena kamu bisa berbagi ilmu yang kamu pahami dan mendiskusikannya apakan pemahamanmu itu benar atau salah. Seru loh kalo kamu bisa bertukar pikiran dalam suatu kelompok belajar.

Terus berlatih

Seperti halnya matematika, rumus atau alur pengerjaan akuntansi tidak boleh hanya dipahami semalam sebelum ujian. Kamu harus betul-betul memahami konsepnya dengan banyak berlatih dari soal latihan yang diberi oleh dosen dan coba menyelesaikan soal-soal yang ada di buku referensi, kemudian mengulang kembali agar terbiasa, sehingga kamu tidak perlu susah-susah menghafal cara menyelesaikan suatu kasus yang diberikan ketika mendapati soal perhitungan. Beda halnya kalau ujiannya teori, berarti kamu harus rajin dan banyak mengulang membaca buku rekomendasi dari dosen. Jadi luangkan waktumu untuk mengulang apa yang sudah dijelaskan oleh dosen dan berlatihlah.

Terakhir, jangan lupa untuk istirahat juga ya. Kalau kamu terbiasa mengatur waktumu dengan baik, kamu bisa mengoptimalkan kehidupan kuliahmu dengan berbagai kegiatan lainnya juga, seperti berorganisasi, ikut kepanitiaan, atau sekedar bermain bersama temanmu dan tidur dengan cukup tanpa mengganggu kewajibanmu sebagai mahasiswa.

Editor: Alifia Kusumaningtyas 

*Penulis adalah magang LPM Ekonomika

 

327 Total Views 1 Views Today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *