Tips

Tips dan trik mudah belajar Ilmu Ekonomi

Ilustrasi: Muhammad Muhana Setiawan*

Penulis: Alifia Kusumaningtyas

Bacaekon – Belajar Ilmu Ekonomi memang menyenangkan. Bagaimana tidak, belajar Ilmu Ekonomi dapat membantu dalam memahami lebih jauh mengenai pasar bisnis, perusahaan, bahkan kebijakan-kebijakan yang dibuat oleh pemerintah. Mempelajari Ilmu Ekonomi, maka akan mendapatkan pemahaman tentang memprediksi tren yang ada di pasar dan membuat keputusan secara pribadi atau profesional. Semakin banyak dipelajari, maka kemampuan analitis dan pemecahan masalah bisa menjadi jembatan untuk membangun karier di berbagai bidang. 

Tetapi, terdapat beberapa kendala yang banyak orang alami dalam mempelajari ilmu ini, salah satunya karena banyaknya rumpun Ilmu Ekonomi yang harus dipelajari, seperti Mikroekonomi, Makroekonomi, Perilaku Konsumen, Ekonomi Sumber Daya Alam, dan lainnya. Belum lagi jika dihadapkan pada beberapa jenis kurva dan rumus-rumus menghitung, alih-alih paham dengan ilmu yang akan dipelajari malah jadi sakit kepala. Maka dari itu, untuk belajar ilmu ini, berikut adalah beberapa saran yang bisa dilakukan ketika sedang belajar Ilmu Ekonomi agar tidak bingung mempelajarinya. 

 

Membaca buku ekonomi

Membaca buku teks dapat membantu untuk memahami rumpun Ilmu Ekonomi seperti Mikroekonomi atau Makroekonomi secara lebih terstruktur. Banyak sekali referensi buku yang bisa digunakan dari pakar-pakar Ilmu Ekonomi, atau membaca buku teks rekomendasi dari dosen yang mengajar kamu di kelas supaya makin paham apa yang telah dosen jelaskan. Jika ingin mempelajari dasar dari Ilmu Ekonomi kamu bisa membaca buku Pengantar Ilmu Ekonomi, supaya ketika kamu terjun lebih dalam untuk mendalami ilmu ini, konsep dasar Ilmu Ekonomi sudah kamu ketahui dengan baik.

Menonton video instruksional

Ada banyak sekali video instruksional yang diunggah di berbagai sumber, salah satunya Youtube. Bahkan tak jarang, banyak dosen atau pengajar yang memberikan video penjelasan lebih lanjut tentang materi yang dipelajari dan dibagikan untuk dipelajari. Banyak dari video ini juga memberikan berbagai macam contoh untuk membantu kamu memahami konsep-konsep Ilmu Ekonomi. Cara ini dapat digunakan ketika kamu merasa belum cukup untuk memahami materi dan memerlukan penjelasan lebih detail lagi mengenai konsep dan contoh kasus yang ada dalam ilmu ekonomi. 

Jangan Malu Bertanya

Malu bertanya sesat di jalan. Ungkapan ini tepat banget buat kamu yang belum terlalu paham konsep dan materi yang sudah dipelajari tapi tidak mau bertanya lebih lanjut. Jika kamu belum paham, coba tanyakan konsep serta materi Ilmu Ekonomi kepada orang yang sudah memahaminya. Kamu bisa bertanya kepada dosen, asdos, ataupun temanmu yang sudah paham dengan konsep Ilmu Ekonomi. Jangan takut untuk bertanya mengenai hal-hal yang belum kamu pahami, karena jika sudah masuk ke materi yang lebih jauh, maka kamu akan kesulitan untuk mempelajarinya. Karena konsep dan materi yang ada dalam ilmu ekonomi saling berkaitan. Maka dari itu, sebisa mungkin sedari awal jika ada yang tidak dipahami bertanyalah, agar kedepannya belajar ilmu ekonomi menjadi tidak sulit. 

Latihan Soal

Memahami konsep dan teori jika tidak dibarengi dengan latihan soal juga akan sulit. Mungkin saja konsep dan materi yang sudah dipelajari akan kamu lupakan begitu saja jika tidak ada latihan-latihan soal yang dikerjakan. Mengerjakan latihan soal juga akan merangsang kemampuan analisis dan pemecahan masalahmu di bidang Ilmu Ekonomi. Karena Ilmu Ekonomi tidak hanya sekedar teori belaka, namun terdapat banyak rumus dan  kurva yang harus dipahami. Oleh karena itu, dengan banyak latihan soal, maka kamu dapat memahami Ilmu Ekonomi dengan baik sehingga dapat menerapkan ilmunya juga di kehidupan dan memahami perilaku orang-orang sebagai konsumen sehari-hari. 

Niat dan Usaha untuk Belajar

Hal yang terpenting dari semuanya adalah niat. Jika kamu tidak memiliki niat untuk belajar, maka kamu tidak akan paham konsep dari Ilmu Ekonomi. Tetapi, jika kamu sudah memiliki niat untuk belajar, maka  tidak akan menyerah begitu saja jika menemukan kesulitan. Di samping itu, kamu tidak bisa menyiapkan niat saja, namun harus ada usaha yang dilakukan juga untuk belajar ilmu ekonomi. Agar niat dan usaha semakin lancar, maka ciptakan suasana yang tenang dalam belajar, maka kamu akan enjoy dalam belajar ilmu ekonomi. 

Editor: Naufal Rahendra 

*Ilustrator adalah magang LPM Ekonomika

417 Total Views 4 Views Today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *