WUJUDKAN LAYANAN MASYARAKAT TERPADU MELALUI E-GOVERNMENT

WUJUDKAN LAYANAN MASYARAKAT TERPADU MELALUI E-GOVERNMENT

(Sumber foto: http://siwasciamis.blogspot.co.id/)

Oleh: Arief Setya Negara

Bacaekon.com-Advertorial. Upaya pemerintah dalam meningkatkan pelayanan masyarakat secara cepat dan terbuka diwujudkan dengan pengembangan E-Government. Bentuk pelayanan berbasis teknologi dengan penataan sistem internal manajemen pemerintahan ini, memiliki tujuan besar dalam meningkatkan kinerja pemerintah dalam memberikan segala informasi dan pelayanan bagi masyarakat, terlebih dengan urusan bisnis, maupun hal-hal lain yang berkenaan dengan pemerintahan.

Sistem yang mengoptimalkan pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi ini, memiliki harapan besar dalam melayani masyarakat selama 24 jam non stop setiap hari. Hingga akhir tahun 2005, dalam pemerintahan Indonesia terdapat 564 domain go.id, 295 situs pemerintah pusat dan pemda, 226 situs telah mulai memberikan layanan publik melalui website, hingga 198 situs pemda masih dikelola secara aktif.

Model dari pelayanan masyarakat berbasis digital ini diwujudkan dengan pelayanan dari pemerintah ke masyarakat (government to citizen/ G2C), pemerintah ke bisnis (government to business/ G2B) dan pemerintah ke pemerintah (government to government/ G2G).

Pada bulan Desember tahun lalu, Presiden Jokowi menghimbau agar seluruh elemen pemerintah daerah agar dapat mengaplikasikan e-government kedalam sistem mereka. Hal ini ditujukan agar tercapainya keterbukaan informasi antara pemerintah dengan masyarakat, sehingga fungsi lain yang terdapat di e-government, mulai dari e-budgeting, e-procurement, e-audit, e-catalogue, sampai cash flow management system dapat lebih dimonitor dan dipantau perkembangannya.

 

 

Artikel ini disponsori oleh UIINET, PT. Global Prima Utama

 

428 Total Views 1 Views Today

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *