Wisata Alam Kebun Teh Nglinggo

Wisata Alam Kebun Teh Nglinggo

Oleh : Dyah Kartika Putri

Bacaekon.com-Rekomendasi. Akhir pekan memang saat yang tepat untuk melakukan istirahat. Rehat sejenak meninggalkan rutinitas kerja, kuliah, tugas bahkan hiruk-pikuk kota yang membuat manusia rentan mengalami stres. Oleh karena itu melakukan wisata alam merupakan opsi yang menarik untuk mengisi akhir pekan, salah satunya wisata alam Kebun Teh Nglinggo.

Kebun Teh Nglinggo ini terletak di Dusun Nglinggo Desa Pagerharjo Kecamatan Samigaluh Kabupaten Kulon Progo Yogyakarta. Berada di ketinggian sekitar 800 meter dati permukaan laut (dpl), tempat ini sangat sejuk dan pemandangan alamnya sangat indah dengan bukit-bukit yang menjulang di sekitarnya. Kebun teh ini berbatasan dengan kabupaten Magelang di sebelah utara dan kabupaten Purworejo di sebelah barat perbukitan. Lokasi kebun tersebut berada di Pegunungan Menorah. Suasana yang sepi, sejuk, di tambah dengan suara kicauan satwa liar yang ada di sekitar lokasi kebun teh, menambah asyiknya lokasi kebun teh ini. Rute yang dapat diambil untuk menuju lokasi kebun teh bila dari kota Yogyakarta, bisa melewati Jalan Godean ke arah barat, hingga bertemu perempatan Kentheng Nanggulan, kemudian ambil kanan (arah utara) hingga bertemu dengan perempatan Dekso Kalibawang (patung garuda). Bila dari arah Wates, bisa ambil arah ke Nanggulan dan menuju Dekso.

Kebun Teh Nglinggo sudah dibuka untuk tempat wisata kurang lebih sekitar tahun 2000, namun ramainya wisatawan yang berkunjung menikmati keindahan Kebun Teh Nglinggo baru dua tahun terakhir tepatnya saat libur natal dan tahun baru tahun 2014. Para wisatawan juga bisa berjalan-jalan di sekitaran kebun teh, bahkan bisa melihat petani memanen daun teh saat musim panen tiba dan pastinya wisatawan juga bisa berfoto-foto di sekitaran kebun teh.

Wisata Alam Kebun Teh Nglinggo ini juga terbilang wisata alam yang sangat murah meriah. Untuk tiket masuk tempat wisata kebun Teh Nglinggo di kenakan Rp.3000 untuk motor dan Rp.5000 untuk mobil (tanpa dihitung perorangan). Kemudian untuk parkir kendaraan Rp 2000 untuk motor dan Rp 5000 untuk mobil. Meskipun kebun teh berada di dataran tinggi dan jalan yang berkelok, namun jalan menuju Kebun Teh Nglinggo sudah di aspal dengan bagus sehingga wisatawan lebih nyaman saat menuju perkebunan. Untuk jajanan di sekitaran tempat wisata Kebun Teh Nglinggo juga murah. Selain itu, pedagang dan penduduk sekitar yang ramah-ramah menambah  keindahan Kebun Teh Nglinggo.

2437 Total Views 3 Views Today

Related Post

Jejak Petualang Seorang Diplomat Amerika

Jejak Petualang Seorang Diplomat Amerika

(Foto: ebooks.gramedia.com) Oleh: Ulfa Fajria Ayub Judul                  : Seperti Bulan dan Matahari, Indonesia dalam Catatan…

2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *