WHICH ONE DO YOU LIKE, BORN OF A RICH FAMILY OR A POOR FAMILY?

WHICH ONE DO YOU LIKE, BORN OF A RICH FAMILY OR A POOR FAMILY?

(Foto : m.imdb.com)

Oleh : Dewi Larasati Ariani

Judul               : Nil Battey Sannata

Produser          : Aanand. L. Rai, Ajay G Rai, Alan Mcalex

Sutradara         : Ashwini Iyer Tiwari

Skenario          : Ashwini Iyer Tiwari, Neeraj Singh, Pranjal Choudhary, Nitesh Tiwari

Pemeran          : Swara Bhaskar, Ria Shukla, Ratna Pathak

Durasi              : 104 Menit

Produksi          : 2016

            BACAEKON.COM-REKOMENDASI. Nil Battey Sanatta merupakan film drama komedi  Bollywood yang dibintangi aktris Swara Baskhar, Ratna Pathak, Pankaj Tripathi yang tampil dengan aksi lucu sekaligus menyentuh. Film ini menceritakan perjuangan seorang ibu dalam membesarkan anak semata wayangnya, dan tentang kehidupan seorang ibu dan anak gadisnya yang beranjak remaja. Chanda, nama si ibu, adalah seorang ibu muda yang tinggal hanya berdua dengan putrinya yang bernama Apeksha (Appu). Sehari-hari ia bekerja sebagai asisten rumah tangga di kediaman seorang dokter. Selain itu, Chanda juga mengambil beberapa pekerjaan lainnya di sore hari untuk menambah pemasukan bagi dirinya dan putri semata wayangnya. Dengan latar belakang dirinya yang tak lulus SMA dan hanya bekerja sebagai pembantu, wajar jika Chanda mengharapkan sang putri bisa lebih sukses darinya.

Appu adalah siswa kelas 9 SMP yang seharusnya sudah lulus dan lanjut ke SMA, namun karena tidak lulus ujian ia terpaksa harus menetap di kelas 9 SMP. Appu malah menganggap dirinya telah masuk ke kelas 10 SMA dan anehnya, dalam pelajaran sekolahnya, Appu nyaris tak pernah berusaha untuk memperbaiki nilainya, terutama dalam Matematika. Appu tidak pernah merasa bersalah atau berusaha agar dirinya bisa lulus ujian. Sebaliknya, dia selalu malas dan sering mendapatkan hukuman dari gurunya. Ibunya sering menceramahi Appu agar mau belajar dengan sungguh-sungguh. Ia pun sering menanyakan cita- cita Appu jika sudah dewasa dan dengan santainya Appu menjawab ingin menjadi pembantu seperti Ibunya.

            Merasa khawatir dengan masa depan sang putri, Chanda meminta saran kepada dokter Diwan, majikan tempatnya bekerja. Mulanya Chanda disarankan untuk memasukkan Appu ke tempat kursus. Namun karena keterbatasan biaya, rencana tersebut tidak terlaksana. Dokter Diwan memberikan usulan lain, yakni Chanda diminta bersekolah di sekolah Appu. Sehingga dengan begitu Chanda bisa mengajari Appu pelajaran Matematika tanpa perlu memikirkan masalah biaya. Awalnya ide Dokter Diwan tidak direspon oleh Chanda,  tetapi setelah melihat Appu yang tidak memiliki semangat belajar akhirnya tawaran Oma pun diterima.

            Meski terdengar gila, pada akhirnya Chanda setuju dengan usul dokter Diwan. Entah bagaimana caranya, Chanda pun diterima bersekolah di sekolah yang sama dengan putrinya. Tentunya tak ada yang mengetahui statusnya sebagai ibu dari Appu. Sama seperti putrinya, Chanda sempat mengalami kesulitan dalam mengikuti pelajaran Matematika. Namun tekad yang kuat membuat Chanda tak mau menyerah. Ia kemudian mendekati salah satu siswa terpandai di kelas dan mulai belajar darinya. Perlahan, Chanda pun mulai bisa memahami Matematika bahkan mendapatkan nilai yang cukup baik saat ujian.

            Keberhasilan Chanda memperoleh nilai yang baik dalam pelajaran matematika rupanya berhasil membuat Appu “panas”. Ia pun menerima tantangan sang ibu untuk bisa memperoleh nilai yang lebih baik darinya di ujian mendatang. Appu pun mulai belajar keras. Nyatanya, di ujian berikutnya Appu benar-benar berhasil memperoleh nilai yang lebih baik dari sang ibu. Konflik pun berkembang kala harapan sang ibu tak sejalan dengan keinginan sang buah hati. Puncak dari konflik antara ibu dan anak ini terjadi ketika Appu mencuri seluruh tabungan ibunya untuk dibelikan barang-barang mahal. Apakah akhirnya Chanda bisa mengubah pemikiran putri kesayangannya itu?

Film  Nil Battey Sannata ini menampilkan pemikiran orang tua jaman dahulu dan sikap seorang anak yang pesimis. Sebuah drama keluarga memang tidak ada habisnya membolak-balik sebuah sajian yang hendak ia sampaikan. Sebuah suguhan drama dengan konflik yang bisa dibilang mudah, tapi sulit dalam menjalankannya, Nil BatteySannata sebuah drama keluarga dengan pesan moral yang begitu tinggi dalam sebuah kemasan yang padat. Film ini mendapatkan penilaian 8.5 dari IMDb. (sumber:m.imdb.com) . Film Nil Battel Sannata ini cocok ditoton untuk semua umur karena banyak sekali pesan moral yang terdapat pada film ini.

 

36472 Total Views 1 Views Today

Related Post

Letter To Sweet Coffee

Letter To Sweet Coffee

Oleh: A. Gunawan Judul               : Surat Untuk Kopi Manis (Letter To Sweet Coffee) Penulis             :…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *