Virtual Private Server (VPS)

Virtual Private Server (VPS)

Oleh: Muhammad Irsan R

Bacaekon.com-Advertorial. Layanan Virtual Private Server (VPS) merupakan layanan murah yang dapat dimanfaatkan pelanggan untuk memiliki server secara virtual seperti layaknya dedicated server. VPS menjadi solusi paling ekonomis melihat kebutuhan perusahaan akan server yang terkoneksi internet, untuk memenuhi berbagai keperluan antara lain web server, databaseapplication server baik untuk keperluan uji coba maupun production dan file server. 

VPS adalah teknologi server side tentang sistem operasi dan perangkat lunak yang memungkinkan sebuah mesin dengan kapasitas besar dibagi ke beberapa virtual mesin. Tiap virtual mesin ini melayani sistem operasi dan perangkat lunak secara mandiri dan dengan konfigurasi yang cepat.

Menurut sebuah situs web, teknologi-berkata.blogspot.co.id, secara sederhana kita dapat membayangkan bahwa VPS itu sama seperti saat kita menjalankan sebuah Sistem Operasi menggunakan Virtual Box ataupun VMWare di komputer kita.VPS juga dapat diartikan sebagai sebuah metode untuk mempartisi atau membagi sumber daya/resource sebuah server menjadi beberapa server virtual. Server virtual tersebut memiliki kemampuan menjalankan operating system sendiri seperti layaknya sebuah server. Bahkan Anda dapat me-reboot sebuah server virtual secara terpisah (tidak harus me-reboot server utama). Dalam sebuah VPS, resource server yang alokasikan adalah meliputi CPU Core, RAM, Storage atau ruang penyimpananan, dan CPU Usage.

Di samping itu, VPS memiliki beragam fungsi, yaitu:

  • Sebagai web server untuk menjalankan website, blog, e-commerce, dan lain sebagainya.
  • Sebagai file server atau storage server di mana kita bisa menyimpan file dan data baik melalui ftp, maupun http.
  • Sebagai server remote desktop, di mana kita bisa mendownload dan mengupload file secara remote, menjalankan aplikasi forex, bot/ robot & automation, spinner.
  • Sebagai host server untuk VPN dan Tunneling.
  • Dan masih banyak fungsi lainnya yang dapat diterapkan di VPS misalnya Rapidleech, Torrentleech, DNS Name Server, Proxy Server, dan lain-lain

 

Artikel ini disponsori oleh UIINET, PT. Global Prima Utama.

613 Total Views 1 Views Today

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *