Umbul Ponggok, Snorkeling Serasa di Bunaken

Umbul Ponggok, Snorkeling Serasa di Bunaken

(sumber foto : Via www.backpacktor.com)

Oleh : Phalini Herman

Bacaekon.com-Rekomendasi. Keindahan bawah laut Bunaken sudah menjadi rahasia umum bagi kebanyakan orang terutama bagi pecinta snorkeling. Pulau Bunaken yang terletak di Teluk Manado, Propinsi Sulawesi Utara terbilang jauh bagi mahasiswa yang menimba ilmu di Kota Yogyakarta, belum lagi harus merauk uang yang tidak sedikit. Namun, jangan kecewa dulu. Di Jawa Tengah tepatnya di Klaten tak jauh dari Yogyakarta terdapat sebuah kolam alami yang dikembangkan menjadi wisata tirta, Umbul Ponggok namanya.

Umbul Ponggok terletak di Desa Ponggok, Kecamatan Polanharjo, Klaten, Jawa Tengah. Umbul Ponggok beroperasi setiap hari dan dibuka dari pukul 07.00 – 17.00 WIB. Untuk masuk ke Umbul Ponggok wisatawan pun hanya merogoh saku sebesar Rp 5.000 per orang. Bagi pecinta snorkeling yang tidak atau lupa membawa alat-alatnya, di sana juga menyediakan penyewaan peralatan snorkeling dengan harga; kaki katak Rp 5.000, snorkel Rp 10.000, pelampung Rp 5.000, dan ban Rp 5.000. Umbul Ponggok, kolam alami dengan ukuran 50 x 25 meter dan kedalaman rata-rata 1,5–2,6 meter adalah sumber mata air alami yang segar dan jernih, kolam ini sudah ada sejak zaman Belanda (www.njogja.co.id). Berbeda dengan kolam pada umumnya, dasar kolam Umbul Ponggok masih sangat alami berupa hamparan pasir nan luas, bebatuan dan berbagai ikan warna-warni sehingga suasananya benar-benar seperti di bawah laut. Walau dipenuhi ikan, air di Umbul Ponggok tidaklah amis sebab airnya mengalir terus.

Umbul Ponggok yang terkenal sebagai wahana snorkeling ini kerap dijadikan lokasi latihan diving bagi penyelam pemula. Bagi wisatawan yang tidak bisa berenang maupun tidak ingin snorkeling juga bisa naik perahu kayuh untuk mengelilingi Umbul Ponggok. Sedangkan bagi anak-anak tersedia kolam berukuran pendek. Yang menarik lainnya dari Umbul Ponggok sendiri yaitu wisatawan dapat melakukan pemotretan di dalam air dan lagi lagi bagi wisatawan yang tidak memiliki kamera underwater tak perlu khawatir karena Umbul Ponggok telah menyediakan jasa penyewaan kamera underwater dengan tarif Rp 60.000 untuk 30 menit dan Rp 100.000 untuk satu jam. Untuk wisatawan yang menghendaki foto berkonsep, di tempat ini juga menyediakan jasa pemotretan underwater.

 

 

2760 Total Views 1 Views Today

Related Post

Jejak Petualang Seorang Diplomat Amerika

Jejak Petualang Seorang Diplomat Amerika

(Foto: ebooks.gramedia.com) Oleh: Ulfa Fajria Ayub Judul                  : Seperti Bulan dan Matahari, Indonesia dalam Catatan…

One Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *