Tulisan yang Diabaikan

Tulisan yang Diabaikan

Oleh, Latifah Putranti

Bacaekon.com – Kampus. Setiap kampus mempunyai aturan tersendiri dalam mengatur segala sesuatu yang ada di kampusnya. Salah satunya yaitu aturan larangan merokok di Fakultas Ekonomi Universitas Islam Indonesia (FE UII).

“Kebijakan mengenai merokok di kampus akan diperketat, sehingga tidak bisa sembarangan tempat diperbolehkan merokok”, ungkap Suharto selaku wakil dekan FE UII. “Tujuannya adalah untuk memperbaiki karakter mahasiswa dan civitas akademik untuk lebih disiplin terhadap aturan”, tambahnya. Menindaklanjuti kebijakan baru tersebut, belum lama ini ada pemandangan baru di beberapa titik kampus. Di pantai dan hall misalnya, ada spanduk mengenai larangan merokok di kawasan tersebut. “Tetapi, seperti yang terlihat pada hari–hari biasa, masih banyak mahasiswa yang merokok di area yang jelas–jelas terpampang nyata spanduk atau papan bertuliskan kawasan bebas asap rokok”, kata Dewi Gita mahasiswi jurusan akuntansi 2014 yang ditemui pada hari Selasa enam Januari 2015 di lobby FE UII.

“Saya malah gak terlalu memperhatikan kalau ada baliho ataupun papan yang bertuliskan larangan merokok”, kata Farah Amalia Hajsmi yang merupakan mahasiswa yang tidak merokok. Berbeda halnya dengan Dhimas Haryo Laksito mahasiswa Manajemen angkatan 2012 yang menyatakan bahwa dia mengetahui adanya keberadaan papan larangan tersebut. “Bisa dipastikan untuk mahasiswa angkatan 2012 ke atas akan mengenyampingkan himbauan tersebut karena tempat itu (red-pantai) merupakan tempat yang strategis untuk merokok”, ungkapnya. Dia juga menambahkan usulan untuk kawasan bebas rokok. Misalnya bandara dan hall saja karena untuk pantai bukan ruangan yang tertutup.

Menanggapi himbauan larangan merokok pada area tertentu Suhartini selaku dosen di FE UII juga ikut berpartisipasi menyampaikan usulan. Menurutnya kebijakan ini harus diperkuat karena saat ini baru bersifat himbauan saja dan tidak ada punishment. “Setelah disediakan tempat merokok, kemudian diterapkan punishment diharapkan kita saling bertanggung jawab dan mejaga kebersihan, kan kadang-kadang kita tidak sehat bukan karena kita tetapi karena orang lain”, tambahnya.

Reporter : Latifah Putranti

 

569 Total Views 1 Views Today

Related Post

LAGU  BURUH TANI BERGEMA SAAT SEMATA

LAGU BURUH TANI BERGEMA SAAT SEMATA

  Oleh : Dewi Larasati (Foto:  Amelia Larasati) BACAEKON.COM-KAMPUS FE UII, (26/08) berlangsung kegiatan ospek…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *