Tips

Tips Merawat Rambut Kering

Foto: istockphoto.com

Oleh: Mellyana Safitri

Semua orang, terlebih kaum hawa, pasti menginginkan rambut yang sehat dan terawat. Karena rasa malas yang sering kali menyerang, dan juga perawatannya yang salah, rambut justru rentan mengalami kerusakan. Masalah rambut kering menjadi salah satu kerusakan yang sering dihadapi.

Hal ini tentu saja sangat mengganggu karena bisa bikin minus dalam penampilan. Nah, tak perlu lagi khawatir atau repot-repot pergi ke salon. Cukup ikuti cara berikut untuk merawat rambut kering secara alami dan mudah dilakukan sendiri, dijamin rambutmu akan terlihat lebih sehat.

Gunakan sampo yang menjaga kelembaban rambut

Salah satu cara mengatasi rambut kering adalah menggunakan sampo dengan kandungan yang diformulasikan untuk rambut tipe kering. Biasanya sampo untuk rambut kering ini memiliki kandungan pH lebih rendah yang berguna untuk menjaga kelembaban rambut. Pastikan juga untuk tidak menggunakan sampo terlalu banyak saat keramas.

Ketahui waktu keramas yang tepat

Mungkin beberapa orang berpikir bahwa keramas tiap hari bisa membuat rambut makin bersih. Padahal cara ini kurang tepat, huhuhu. Keramas setiap hari justru bisa membuat rambutmu kehilangan minyak alaminya. Alhasil, rambutmu malah jadi kering dan rapuh. Sedih banget ya kan? Alih-alih agar rambut lebih bersih, eh malah makin rusak. Sebaiknya lakukan keramas cukup dua sampai tiga kali dalam seminggu.

Gunakan conditioner setelah keramas

“Ah, conditioner ga penting-penting amat,” yapss banyak dari kalian yang menganggap sepele conditioner. Sama halnya  moisturizerconditioner juga berfungsi untuk melembabkan rambut dan mengganti minyak rambut yang hilang sehabis keramas. Jadi conditioner juga mencegah dari kerusakan rambut seperti rambut kering, rapuh, dan bercabang.

Kurangi penggunaan catokan dan hair dryer

Catokan dan hair dryer sering kali digunakan untuk alat styling rambut, tapi panas yang dihasilkan dari dua alat itu berpotensi membuat rambut menjadi kering, duh! Usahakan untuk tidak terlalu sering menggunakan dua alat styling rambut ini, ya! Apabila terpaksa harus menggunakannya, jangan lupa pakai vitamin rambut atau heat protection untuk melindungi rambut kita dari kerusakan.

Jangan keramas menggunakan air hangat

Banyak kita jumpai di salon-salon, mencuci rambut menggunakan air hangat. Namun, buat kamu yang memiliki rambut kering, sebaiknya hindari mencuci rambut menggunakan air hangat. Keramas menggunakan air hangat bisa membuat kulit kepala dan rambutmu semakin kering. Jadi usahakan untuk tetap mencuci rambut dengan menggunakan air dingin, ya!

Beri perlindungan lebih dengan masker rambut

Masker rambut mungkin cukup berperan, pilih produk masker rambut yang khusus untuk perawatan rambut kering. Fungsi dari masker rambut itu sendiri lebih untuk memperbaiki kerusakan pada bagian korteks, sekaligus memberi nutrisi pada batang rambut. Masker rambut bisa digunakan oleh rambut yang sering melakukan styling, pewarnaan, dan kerusakan yang disebabkan oleh sinar UV. 

Perbanyak minum air putih

Selain perawatan secara langsung, kamu juga harus memperhatikan kondisi tubuhmu. Perbanyaklah minum air putih agar kamu tidak dehidrasi. Minum air putih dengan jumlah yang cukup mampu membuat rambut tumbuh dengan akar yang kuat, tidak kering, atau bercabang. 

Rajin menggunting rambut

Rambut yang lama tidak dipotong dan dirapikan memiliki potensi masalah rambut bercabang dan kering. Tak perlu panjang-panjang kok, cukup memotong ujung rambut untuk menjaganya agar tetap sehat.

Rambut itu ada berbagai macam jenisnya, dan cara menjaganya pun juga berbeda. Jadi pilihlah perawatan rambut sesuai dengan jenis rambutmu. Rambut merupakan mahkota wajah, memiliki rambut bertekstur dan mengetahui perawatan rutin yang umum dapat  membuat rambut tetap sehat dan terawat.

Selamat mencoba, salam sehat untuk semuanya!

Editor : Ikrar

371 Total Views 2 Views Today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *