Tips

Tips Maksimal Menghadapi Ujian Daring

Ilustrasi: freepik.com

Oleh: Saleh Bimantara Harahap*

Ujian Akhir Semester (UAS) telah berjalan beberapa hari, ini menjadi salah satu beban berat bagi mahasiswa. Hasil kuliah selama enam bulan diuji dan berharap mendapatkan nilai yang diinginkan serta terhindar dari semester pendek atau mengulang mata kuliah di tahun selanjutnya. Tetapi ada yang berbeda pada UAS semester genap tahun ini, yaitu perubahan metode yang digunakan. Pandemi mengharuskan kita mengubah metode belajar tatap muka secara langsung menjadi metode daring yang berdampak juga pada pelaksanaan ujian. Pelaksanaan UAS di UII sendiri masih sama seperti UTS, semua dilakukan secara daring. Jika saat UTS kemarin merasa kurang maksimal, tak perlu khawatir, berikut ada beberapa tips yang perlu diperhatikan sebelum menghadapi UAS.

Pertama, membuat jadwal belajar atau manajemen waktu. Biasanya kita akan belajar sehari sebelum ujian berlangsung atau seringkali dikenal dengan Sistem Kebut Semalam (SKS). Cara ini memang ampuh untuk sebagian orang tetapi bagi sebagian lain tidak. Dengan membuat jadwal, kita akan semakin mudah untuk memetakan berbagai kegiatan belajar maupun sehari-hari agar tidak kelelahan dan stres sebelum menghadapi ujian. 

Kemudian hal yang sangat penting dalam ujian daring yaitu siapkan fasilitas penunjang seperti kuota internet dan sinyal yang baik untuk mendukung proses kelancaran saat mengerjakan UAS. Serta gunakan perangkat elektronik yang layak pakai untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan seperti, perangkat lemot akibat memori terlalu overload yang mengakibatkan terhambatnya untuk menjawab soal. Pastikan juga baterai perangkat elektronik kalian terisi penuh agar tidak mati saat mengerjakan UAS.

Selanjutnya, pilih metode belajar yang tepat. Agar mudah memahami pembelajaran, tentunya kita harus mengetahui metode yang nyaman, cepat, dan tepat. Ada berbagai cara seperti, metode diskusi kelompok belajar via daring bersama teman teman, metode audio dengan mendengarkan dan mengulang penjelasan dosen, atau metode visual dengan menonton video penjelasan baik dari Youtube maupun video rekaman penjelasan saat kuliah.

Keempat, buatlah rangkuman dan mind map untuk mengingat materi khususnya dari kisi-kisi yang dosen berikan. Rangkuman yang ditulis dengan gaya bahasa sendiri memberikan kemudahan untuk menghafal dan mengingat poin-poin yang ada pada materi yang sudah ditulis dalam bentuk rangkuman. Atau membuat Mind-Mapping untuk membantu kita agar lebih paham struktur materi-materi saat pembelajaran daring dan menentukan apa yang harus dipelajari terlebih dahulu. 

Langkah selanjutnya yang perlu kita perhatikan yaitu deadline take home. Tentu disaat pembelajaran daring ini, UAS menggunakan metode take home menjadi salah satu pilihan bagi dosen dan mahasiswa. Mahasiswa wajib perhatikan deadline take home agar tidak menumpuk dan dikerjakan secara maksimal. Serta mengumpulkan tepat waktu agar tidak mengurangi nilai UAS mata kuliah tersebut.

Ketujuh, menjaga kesehatan. Setelah semua usaha sudah dilakukan mulai dari menggunakan metode belajar yang tepat, membuat rangkuman hingga mengerjakan soal soal latihan, tentunya energi dan stamina kita menurun. Jika tidak dijaga akan mengakibatkan kesehatan dan konsentrasi menurun, tidak fokus, serta sulit untuk menjawab soal. Maka dari itu jangan sampai badan kita terforsir dengan kegiatan-kegiatan berat yang mengakibatkan drop dan stres. Makanlah makanan yang bergizi secara teratur dan rutin olahraga agar tetap sehat dan dapat konsentrasi saat mengerjakan UAS.

Terakhir yang paling penting dari semua yang sudah kita lakukan, berdoa. Setelah semuanya dipersiapkan dengan baik dan belajar yang maksimal, jangan lupa kita berdoa kepada Tuhan Yang Maha Esa agar diberi kelancaran dan kemudahan serta agar mendapatkan hasil yang maksimal seperti yang diinginkan. Tak lupa meminta doa dan restu orang tua agar hati kita lebih tenang dan mudah saat menghadapi UAS daring.

Ujian Akhir Semester memang berat apalagi dengan metode daring yang terkesan ribet dengan beberapa prosedur. Jika tanpa persiapan maksimal, pastinya akan semakin berat bagi sebagian orang. Dengan beberapa tips di atas, saya harap akan membantu teman-teman mempersiapkan ujian yang akan datang. Ujian daring tidak menjadi alasan untuk tidak memaksimalkan usaha. Tetap semangat!!!!

*Penulis adalah magang LPM Ekonomika

Editor: Retno

350 Total Views 3 Views Today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *