TIM MOBIL LISTRIK, MEMBANGUN NEGERI LEWAT KARYA

TIM MOBIL LISTRIK, MEMBANGUN NEGERI LEWAT KARYA

(Foto: Restin)

Oleh: Restin Septiana

Bacaekon.com-Kampus. Tim Mobil Listrik Ulil Albab Universitas Islam Indonesia (UII) kembali melaunching karyanya. Bertempat di Hall Fakultas Teknologi Industri (FTI) UII, pada Jumat (6/11) Grand Launching Mobil Listrik Android Generasi ke-2 resmi diluncurkan.

Yanuar Anaba selaku ketua Manajemen Tim Mobil Listrik Ulil Albab UII ini menerangkan banyak sekali perbedaan dari mobil listrik yang pertama dan kedua. “Secara teknikal kami meningkatkan cara spesifikasi tekniknya,” lanjut Yanuar Anaba.

Lantas ia juga menerangkan bahwa mobil listrik yang pertama masih memakai mesin aki, control buatan sendiri, dan motor listrik yang digunakan 800 watt dengan dua motor. Sedangkan mobil listrik yang kedua dari mesinnya sendiri sudah memakai baterai, control buatan sendiri yang dikolaborasikan dengan buatan luar negeri, dan motor listrik yang digunakan adalah 2000 watt.

“Jadi ada peningkatan, termasuk dari segi dimensi lebih besar. Karena kita menggunakan Prototype Mini Formula Student,” tutur Yanuar Anaba, mahasiswa jurusan Teknologi Industri yang ditemui tim Ekonomika di sela-sela rangkaian acara Grand Launching.

Yanuar Anaba juga berharap bersama-sama dengan universitas lain mampu membangun negeri dengan karya. Meski begitu ia mengeluhkan adanya kendala seperti biaya. Juga pada proses pembuatan mobil listrik generasi ke-2 yang sudah dimulai sejak akhir tahun 2014 ini. “Mobil listrik itu adalah mobil mewah. Jadi sangat mahal. Yang kedua ini ya habis sekitar 100 jutaan,” kata Yanuar Anaba.

Sehingga dalam proses pembuatan mobil listrik tersebut ia mengaku sumber dana yang diperoleh berasal dari sponsor, universitas, dan fakultas. Lebih lanjut Yanuar Anaba juga menuturkan, “Rencana selanjutnya ke arah internasional. Uji teknologi kita di internasional,” pungkasnya.

 

Reporter: Restin Septiana, Latifah Putranti

1283 Total Views 2 Views Today

Related Post

LAGU  BURUH TANI BERGEMA SAAT SEMATA

LAGU BURUH TANI BERGEMA SAAT SEMATA

  Oleh : Dewi Larasati (Foto:  Amelia Larasati) BACAEKON.COM-KAMPUS FE UII, (26/08) berlangsung kegiatan ospek…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *