Berita Kampus

Tim Beasiswa, Bagai Dahaga Akademika

Oleh, Restin Septiana

Bacaekon.com – Yogyakarta. Di tengah kebutuhan informasi beasiswa oleh mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Islam Indonesia (FE UII), dilantiklah Tim Beasiswa pada 29 Desember 2014. Gebrakan ini dipelopori oleh Rifqi Amanullah seorang mahasiswa akuntansi 2012, yang juga anggota Dewan Perwakilan Mahasiswa (DPM FE UII). Tim kerja ini dibentuk dua bulan yang lalu (November) dan berada di bawah DPM FE UII. “Pemikiran simpleku, aku sudah berlembaga selama 2 tahun. Tapi pas ada temen aku yang gak bisa kuliah dan dari lembaga gak bisa ngasih apa-apa”, ujar mahasiswa yang akrab disapa Rifqi. Dengan jumlah anggota dua puluh orang, Tim ini diharapkan dapat mewujudkan mimpi pendirinya.

 Disinilah ide tersebut hadir. Berkoordinasi dengan anggota DPM FE UII, tim ini bertujuan untuk menjadi kanal informasi terkait beasiswa di ranah kelembagaan dan ditujukan pada mahasiswa FE UII.

“Untuk (periode) pertama ini, aku gak open recruitment (oprec). Sistemnya closed recruiment,” tegasnya. Rifqi menambahkan bahwa ia belum berani karena masih belum benar-benar memetakan program tersebut. “Anggota Tim Beasiswa ini adalah orang-orang yang aku percaya dan memiliki passion yang sama untuk membantu teman-teman yang membutuhkan (red-lingkup FE UII)”, imbuhnya.

Dalam periode Januari hingga Desember 2015, tim ini akan mencari informasi beasiswa baik dari dalam maupun luar negeri disertai dengan akses seluas-luasnya. Kedepannya, tim ini akan bekerja sama dengan Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI) di seluruh dunia, Kedutaan Besar (Kedubes) juga kementeriannya. “Pokoknya memaksimalkan yang ada di sini”, tambah Rifqi.

Bonus dari program ini adalah langkah besar untuk menuju student goverment FE UII yang lebih baik. Dengan mewujudkan student goverment. “Bonusnya, selama ini student goverment kita belum sepenuhnya student goverment. Karena buat tolong temen kita yang gak sanggup kuliah aja gak bisa tu lo,” ucapnya sembari menerawang ke depan.

Penyaluran informasi kepada mahasiswa akan dilakukan Tim Beasiswa bekerja sama dengan semua lembaga di FE UII. “Khususnya dengan Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) untuk bikin grup line per angkatan yang bisa mobile,” ujar Rifqi.

“Yang kita bikin ini kan sesuatu yang benar-benar baru. Sebisa mungkin dari Tim Beasiswa sendiri dalam jangka waktu 1-2 bulan periode kepungurusan sudah bisa merapikan sistem yang berkaitan dengan internal. Sehingga di bulan sisanya kita bisa follow up,” lanjutnya. “Dalam 1 tahun ini tidak menghabiskan waktu untuk perumusan konsep tapi sudah turun ke lapangan. Dan terutama (Tim Beasiswa) berlanjut ke tahun-tahun depan,” tutupnya.

Reporter : Restin Septiana

964 Total Views 1 Views Today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *