TAKDIR TAK DITENTUKAN DARI APA GENDER MU

TAKDIR TAK DITENTUKAN DARI APA GENDER MU

(Sumber : www.imdb.com)

Oleh : Rintan Falah Ispridevi

Produser          : Aamir Khan, Kiran Rao, Siddharth Roy Kapur

Sutradara         : Nitesh Tiwari

Genre              : Action, history

Pemeran          :

  Aamir Khan

  Sakshi Tanwar

  Fatima Sana Shaikh

  Sanya Malhotra

  Zaira  Wasim

  Suhani Bhatnagar

Durasi              : 104 Menit

            Bacaekon.com-Rekomendasi. Perfileman Bollywood  selalu menghadirkan berbagai macam warna dalam dunia layar lebar, salah satunya adalah “Dangal” yang dirillis akhir tahun 2016 ini diangkat dari kisah nyata seorang penggulat yang menginginkan anaknya menjadi penerusnya. Dengan dibintangi actor legendaris India Aamir Khan yang selalu memberikan nyawa pada setiap filmnya. Selain menjadi pemeran utama, ia dan juga istrinya, Kiran Rao juga memproduseri film yang bekerja sama dengan Walt Disney Studios. Lalu bagaimana dengan cerita yang disuguhkan film yang menyabet 4 piala filmfare ini?

            Dangal menceritakan tentang seorang penggulat yang bernama Mahavir Singh Phogat yang menjadi peggulat professional di masa mudanya, tapi karena pekerjaannya itu tidak bisa menjamin untuk menjalani kehidupannya bersama keluarga, ia lalu berehenti dan menjadi karyawan kantoran di kotanya. Tapi darah penggulat masih menjalar di tubuhnya dan ia bertekad untuk membuat anak- anaknya menjadi penggulat seperti dia. Tapi, perjalanan untuk membuat anak-anaknya menjadi penggulat tidak berjalan mulus, ia harus menelan kenyataan bahwa ia tak mamiliki anak laki-laki yang bisa meneruskannya menjadi penggulat. Mahavir akhirnya menyerah dan mengubur dalam impiannya itu.

            Tapi tuhan selalu mempunyai rencana yang lebih indah, Mahavir mendapati dua puteri pertamanya Geeta dan Babita membuat seorang anak lelaki babak belur, bukannya memarahi mereka, Mahavir malah duduk dengan santai dan meminta mereka berdua untuk mempraktekkan kembali bagaimana tadi mereka beraksi. Akhirnya Mahavir menyadari kalau hanya tubuh mereka yang berupa perempuan, tapi dalam jiwa mereka mengalir darah penggulat seperti dirinya. Mahavir meminta izin kepada istrinya untuk melatih Geeta dan Babita menjadi pemain gulat, lalu  ia juga meminta istrinya untuk tidak memberikan pekerjaan rumah tangga dan memberi makan yang tinggi protein pada Geeta dan Babita.

Tidak hanya perang batin yang dialami keduanya, tapi juga cemoohan tetangga yang menyebut mereka orang tua gila dan mengeksploitasi anak untuk menjadi apa yang ayahnya mau. Tetapi kemauan Mahavir lebih kuat di banding rasa malunya, ia tak peduli tanggapan orang lain dan tetap melatih Geeta dan Babita. Mahavir membuat mereka harus bangun di pagi buta untuk berlari, sampai-sampai Mahavir melakukan sesuatu yang membuat orang di desanya geger yaitu menggunduli kepala kedua putrinya. Lama kelamaan Geeta dan Babita mulai terbiasa dengan aksi gila ayahnya itu dan mereka juga mulai menyadari bahwa ayahnya menginginkan kehidupan yang lebih baik untuk membuat mereka menjadi wanita yang kuat dan tangguh. Motivasi dan semangat mulai tumbuh di tubuh mereka, Geeta dan Babita tidak lagi menghiraukan apa yang dikatakan orang pada mereka.

Suatu saat Mahavir membawa kedua anaknya untuk mengikuti pertandingan gulat, awalnya panitia menolak karena pertandingan itu tidak memperbolehkan anak perempuan ikut serta, tetapi setelah berdiskusi antar panitia, mereka membolehkan Geeta dan Babita mengikuti pertandingan dengan alasan panitia akan mendapat keuntungan yang besar karena penonton akan penasaran dengan  penggulat perempuan  di desanya. Mahavir tidak memperdulikan alasan itu, ia hanya ingin membuktikan bahwa kedua anaknya bisa mewujudkan impiannya dan menunjukkan kepada penduduk desa bahwa hal gila yang ia lakukan selama ini akan membawa hasil. Dan tak disangka, Geeta keluar sebagai pemenang. Lalu bagaimana dengan kelanjutan karir mereka sebagai penggulat wanita? Apakah Mahavir mampu membuat impiannya terwujud lewat tubuh kedua anaknya?

Dengan rating IMDb (The Internet Movie Database) 8.9, Dangal mampu memberikan pengalaman sekaligus pelajaran tentang keoptimisan, keyakinan dan semangat, juga konflik yang rumit dan penjiwaan pemainnya yang membuat emosi  penonton naik turun. Dangal adalah perwakilan bagi setiap orang tua yang menginginkan yang terbaik untuk anaknya. Film ini cocok untuk keluarga dan penikmat sinematografi.

 

31517 Total Views 1 Views Today

Related Post

Letter To Sweet Coffee

Letter To Sweet Coffee

Oleh: A. Gunawan Judul               : Surat Untuk Kopi Manis (Letter To Sweet Coffee) Penulis             :…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *