Tablig Akbar Awali Rangkaian Acara SINAR

Tablig Akbar Awali Rangkaian Acara SINAR

(Foto : Ilham)

Oleh : Nur Alfiyah

Bacaekon.com, Kampus-Ramadan tinggal menghitung hari, Lembaga Dakwah Fakultas Jama’ah al-Muqtashidin (LDF JAM) Fakultas Ekonomi Universitas Islam Indonesia (FE UII) membuat rangkaian acara Seuntai Indahnya Nikmat Ramadan (SINAR) untuk memeriahkan. Muhammad Naufal Majid, selaku ketua panitia SINAR mengatakan bahwa tujuan dari acara tersebut untuk mengokohkan semangat beribadah dan ketaqwaan untuk membangun Ramadan yang berkualitas. Rangkaian acara SINAR dimulai sejak tanggal 10 Mei hingga 2 Juni 2018. Acaranya sendiri ada yang dilakukan di dalam area kampus FE UII dan ada yang diluar kampus. Oleh karenanya, untuk mewujudkan tujuan tersebut terdapat 6 rangkaian acara pada SINAR tahun ini, yaitu tablig akbar, kajian senja, iftor on the road, bakti sosial, lomba poster, dan pasar sore Ramadan.

Tablig akbar merupakan acara yang dibuat untuk menyambut Ramadan sekaligus sebagai pembuka rangkaian acara SINAR yang dilaksanakan pada Kamis lalu (10/05) dan bertempat di masjid al-Muqtashidin. Tablig akbar tahun ini bertema “Bekal indah untuk Ramadan berkah” dengan mengundang Ustaz Ammi Nur Baits sebagai pemateri. Acara ini ditujukan untuk civitas akademik FE UII khususnya, dan masyarakat sekitar pada umumnya. Dengan adanya acara ini diharapkan agar civitas akademik FE UII dan masyarakat dapat lebih mempersiapkan diri dalam melaksanakan ibadah di bulan suci Ramadan dengan semaksimal mungkin.

Berlanjut ke acara kedua, adalah kajian senja yang dilakukan selama sepuluh hari, berbeda dari tahun sebelumnya yang hanya enam hari. Menurut Yogi Praseti, salah satu panitia yang tergabung dalam divisi danus (dana usaha-red), acara ini diperpanjang karena ketika civitas akademik FE UII dan masyarakat lebih banyak mengikuti kajian, maka akan semakin banyak pula ilmu yang didapat. Pemilihan ustaz yang mengisi materi juga disesuaikan dengan tema kajian yang akan disampaikan.

Rangkaian acara selanjutnya yaitu iftor on the road yaitu membagikan buka puasa bagi orang-orang yang membutuhkan, yang akan dilakukan pada 26 Mei 2018 di Alun-alun Selatan. Kemudian dilanjutkan dengan acara bakti sosial di Panti Asuhan Tunas Harapan dengan membagikan 100 pak sembako, dimana 75 pak untuk panti dan 25 pak untuk warga sekitar panti asuhan. Acara ini melatih kita untuk bersyukur dan juga peduli kepada sesama.

Kemudian untuk meningkatkan kreativitas meski sedang berpuasa, panitia  mengadakan lomba poster yang dibuka untuk umum. Penilaian pun dilakukan melalui sosial media, sehingga peserta wajib mengirim poster karyanya melalui surel. Kemudian untuk para civitas akademik FE UII maupun masyarakat yang ingin ngabuburit bisa datang ke pasar sore Ramadan. Pada tahun ini, pasar sore berlokasi di Hall Tengah FE UII. Alasan yang mendasari pemilihan lokasi ini yaitu Hall Tengah dianggap strategis, karena banyak dilewati oleh mahasiswa. Semua rangkain acara ini dibuat untuk meningkatkan ibadah dan ketaqwaan selama bulan Ramadan. Baik dengan semakin memperbanyak belajar ilmu agama, mensyukuri nikmat yang dimiliki maupun dengan berbagi rezeki pada sesama. Selain itu, tetap bisa meningkatkan kreativitas dan tidak malas-malasan selama berpuasa.  

Reporter : Alfi, Ilham, Nabila

3339 Total Views 206 Views Today

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *