Sudahkan Anda Melihat Kinerja Dosen Semester Kemarin?

Sudahkan Anda Melihat Kinerja Dosen Semester Kemarin?

(Ilustrasi : Arief Setya Negara)

Oleh : Arief Setya Negara

Bacaekon.com–Kampus. Penjagaan kualitas program studi (prodi) di Fakultas Ekonomi Universitas Islam Indonesia (FE UII) melalui pengawasan kinerja Dosen, merupakan implementasi tugas dari Badan Penjamin Mutu (BPM) dalam menjaga kredibilitas UII. Bentuk pengawasan tersebut didasarkan pada Nilai Kinerja Dosen (NKD) yang wajib dilakukan oleh setiap prodi. Kriteria NKD tersebut didasarkan pada rekapitulasi angket yang diisi oleh mahasiswa (NK1), jumlah kehadiran dosen wajib minimal 90% (NK2), ketepatan pemberian  nilai dalam satu semester terakhir (NK3) dan pangkat yang diperoleh dosen selama dosen mengajar (NK4).

 

Data NK yang telah dikumpulkan, kemudian diolah dan disusun menjadi rekapitulasi NKD dengan target rata-rata NKD sebesar 3 untuk setiap dosen. Dosen dengan NKD tertinggi tentunya akan memperoleh penghargaan dalam jumlah rupiah dan yang terendah tentunya akan mendapat teguran baik dari prodi sendiri hingga Dekanat.

 

Berdasarkan Rekapitulasi NKD Semester genap kemarin yang diperoleh dari Kepala Divisi Akademik, Sugiyono, terdapat lima dosen FE UII dengan nilai tertinggi, yaitu; Abdul Hakim dari Ilmu Ekonomi dengan NKD rata-rata 3,74. Sedangkan Arief Bahtiar (Akuntansi), Ayif Fathurrahman (Ilmu Ekonomi), Suharto (Ilmu Ekonomi) dan Yasid (Manajemen) memperoleh NKD rata-rata 3,73. Sedangkan lima dosen FE UII yang memperoleh nilai terendah adalah; Kesit Bambang Prakosa dari Akuntansi dengan NKD rata-rata 2,63, Zaenal Arifin (Manajemen), Sita Dewi Kusumaningrum (Akuntansi), Rifqi Muhammad (Akuntansi) dan Ninik Sri Rahayu (Akuntansi) memperoleh NKD rata-rata 2,85.

 

Suhartini sebagai salah satu Auditor Pengendalian Mutu memberikan komentar bahwa UII, terlebih FE UII mendukung ketegasan pengawasan kualitas. Dukungan akan pengawasan kualitas itulah yang melatar belakangi pembentukan BPM hingga menjadi acuan bagi universitas lain. Ketegasan tersebut juga meliputi pemberian penghargaan dan hukuman. Di sisi lain hal itu digunakan untuk menciptakan motivasi dan etos kerja yang kedepannya akan mengarah ke jalan yang baik. “Dosen minimal grade (nilai-red) 3,00, kalau dibawah itu akan diberikan surat peringatan atau surat perjanjian. FE UII sebenarnya sudah menerapkan punishment-nya (hukuman-red), kan beberapa dosen di FE UII sudah diberikan punishment”, tambah Suhartini saat ditemu dikantornya (06/10).

 

Reporter : Arief Setya Negara

1374 Total Views 1 Views Today

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *