START-UP TIDAK HARUS MAHAL

START-UP TIDAK HARUS MAHAL

(Sumber foto: http://olpreneur.com/)

Oleh: Arief Setya Negara

Bacaekon.com-Advertorial. Apabila melihat sepuluh tahun kebelakang, mereka yang dapat mengembangkan start-up adalah mereka yang memiliki modal mumpuni untuk dapat membangun website sendiri. Namun tidak untuk era ini. Tidak harus bermodalkan server sendiri, hosting, domain dan seperangkat piranti keras komputer yang cukup dalam menguras saku, kini masyarakat dapat membangun start-up-nya sendiri hanya dengan menggunakan telepon pintar digenggaman.

Seiring dengan berkembangnya teknologi dengan internet sebagai basisnya, memunculkan sosial media yang semakin beragam dengan fungsi yang juga berbeda. Hal tersebut dapat menjadi peluang bagi pelaku bisnis untuk menciptakan start-up dalam wujud ekspansi yang lebih murah, terlebih dengan harga telepon pintar genggam yang semakin lama semakin miring.

Yang menjadi jurus dalam bisnis ini adalah jumlah relasi. Semakin banyak teman di sosial media, berarti semakin cepat kesadaran merek akan terwujud. Peran kreativitas pelaku bisnis dalam menggasak konten yang pas untuk para asosiasinya juga berpengaruh. Karena konten yang menarik dan yang paling penting “dibutuhkan”, dapat mempercepat asumsi dan citra merek dibenak masyarakat.

Kini, kita dapat mengembangan start-up dengan lebih murah. Kemajuan teknologi berbasis internet justru tidak lagi menjadikan fenomena bisnis ini istimewa. Kreativitas pelaku bisnis dalam menciptakan asumsi dan citra merek menjadi kunci utama. Karena orisinalitas-lah yang menentukan apakah suatu bisnis dapat bertahan atau tidak.

 

Artikel ini disponsori oleh UIINET, PT. Global Prima Utama

 

467 Total Views 1 Views Today

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *