SMART CITY KONSEP BARU BERBAGI INFORMASI

SMART CITY KONSEP BARU BERBAGI INFORMASI

(Sumber foto: http://www.nyoozee.com/)

Oleh: Arief Setya Negara

Bacaekon.com-Advertorial. Dalam dua tahun terakhir Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau yang lebih dikenal dengan Ahok, sering kali menyebutkan impian Ibu Kota Republik Indonesia untuk menjadi bagian dari smart city. Lalu, pernahkah terngiang dalam benak kita, apakah arti dari konsep kota pintar ini?

Kota pintar merupakan konsep tata kota yang mengedepankan teknologi sebagai basisnya. Fungsinya untuk memudahkan masyarakat urban untuk saling berbagi maupun menggapai informasi dengan lebih cepat. Melihat bahwa pengguna telepon genggam pintar di Indonesia lebih dari 100 juta orang dan terdapat 87 persen diantaranya yang memanfaatkan Internet, keterampilan tersebut menjadi dasar utama dari memulai konsep ini.

Konsep ini juga memanfaatkan informasi-informasi yang telah disediakan baik dari kelembagaan pemerintahaan layaknya fasilitas e-government, namun juga dari komunitas dari masyarakat lainnya, layaknya informasi mengenai kemacetan, lokasi terjadinya bencana maupun daerah maupun tempat yang hendak dituju dan masih banyak lagi. Pada akhirnya, masyarakat memperoleh informasi yang secara relatif penting.

Syarat lain dalam menentukan kesuksesan dari kota pintar adalah akses internet yang memadai, karena media ini menjadi urat nadi dalam menyebarkan informasi-informasi tersebut.

 

Artikel ini disponsori oleh UIINET, PT. Global Prima Utama

769 Total Views 1 Views Today

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *