Sistem ERP Percantik Kinerja Perusahaan

Sistem ERP Percantik Kinerja Perusahaan

(sumber foto : http://angelsetech.com/)

Bacaekon.com-Advertorial. Persaingan bisnis melahirkan kondisi baru, di mana setiap perusahaan saling berkompetisi terutama di bidang teknologi. Saat ini, teknologi semakin canggih. Adanya globalisasi menciptakan persaingan sengit yang mengharuskan perusahaan untuk tetap bertahan pada kondisi yang berubah-ubah (unprecditable).

Tantangan baru muncul bagi perusahaan ialah pintar-pintar mencari kesempatan untuk mengembangkan dan mempertahankan bisnis supaya terus meningkat. Maka dari itu dibutuhkan kedisiplinan kerja dan efisiensi waktu serta informasi yang akurat.  Untuk mencapai itu semua tentu dibutuhkan sarana yang menunjang supaya informasi bisa didapatkan secara mudah dan tepat waktu. Guna membantu manajemen perusahaan dalam mengambil keputusan.

Saat ini, sudah banyak perusahaan yang menggunakan sistem informasi manajemen yang menggunakan teknologi terkini dan canggih. Di mana sistem ini dapat menghubungkan informasi secara tepat dan akurat antar departemen dalam perusahaan atau antar perusahaan baik dalam lingkup dalam maupun luar negeri. Yaitu dengan mengimplementasikan sistem Entreprise Resource Planning (ERP).

Dalam implementasi ERP terdapat beberapa pendekatan yang dapat digunakan di antaranya :

  1. The Big Bang

Yaitu strategi penerapan seluruh modul dalam paket ERP secara simultan di seluruh fungsi perusahaan. Kelebihannya adalah hanya memerlukan sedikit interface antara sistem lama dan sistem baru, sangat efisien dari segi waktu dan hasilnya optimal. Kekurangannya adalah implementasi yang kompleks sehingga risiko kegagalan tinggi.

  1. Step-by-step(Phased Approach)

Melakukan implementasi sedikit demi sedikit. Tahap selanjutnya berkonsentrasi mengimplementasikan modul yang terkait. Keseluruhan proses bisnis harus terlebih dahulu disiapkan. Kelebihannya adalah kompleksitas dapat dikurangi, memungkinkan terjadinya perbaikan proyek yang akan datang akibat konsultasi internal, ongkos tidak terlalu membebani. Kekurangan adalah waktu implementasi keseluruhan lebih panjang. Manfaat dari ERP hanya dapat dirasakan sedikit demi sedikit akibatnya hasil tidak optimal.

  1. Small Bang (Pilot Approach)

Pembuatan model implementasi pada salah satu site atau fungsi perusahaan sebagai pilot project dan diteruskan ke fungsi atau site yang terkait. Kelebihannya adalah biaya relatif rendah, kompleksitas berkurang. Sementara kekurangannya adalah membutuhkan banyak customisasi akibat adanya operasi spesifik antar site.

 

Teknologi ERP sendiri dapat mengintegrasikan fungsi keuangan, produksi, logistik, pemasaran, sumber daya, produksi, dan lainnya. ERP telah berkembang sebagai alat integrasi, memiliki tujuan untuk mengintegrasikan semua aplikasi perusahaan ke pusat penyimpanan data dengan mudah diakses oleh semua bagian yang membutuhkan.

Sistem teknologi informasi memberikan kemudahan dalam perusahaan mulai dari level bawah hingga level atas. Adanya efisiensi kinerja, akan meningkatkan kualitas dan produktivitas perusahaan. Sehingga keadaan tersebut membuat perusahaan akan mendapat keuntungan yang lebih bila tidak menggunakan sistem ini.

 

Artikel ini disponsori oleh UIINET, PT. Global Prima Utama.

 

767 Total Views 2 Views Today

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *