Berita Kampus

Sistem Baru Permudah Ujian Komprehensif

(Foto : Dok. Ekonomika)

Oleh : Karina Anindita Tri Rahma dan Retno Puspito Sari

Bacaekon.com, Kampus-Sosialisasi dalam rangka pengenalan sistem baru untuk ujian Komprehensif dilakukan oleh Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Islam Indonesia (FE UII) pada Kamis (7/1) sore di Aula Utara FE UII.  Sistem ini dikenal dengan Sistem Informasi Ujian Komprehensif, Tugas Akhir, dan Magang (SIKOTAMA) yang lebih berfokus pada ujian komprehensif yang diadakan oleh Program Studi Akuntansi. Acara ini dihadiri oleh Mahmudi selaku Ketua Program Studi Akuntansi, Rifqi Muhammad selaku Sekretaris Program Studi Akuntansi, dan Muamar Nur Kholid selaku pemandu sosialisasi. Acara ini bertujuan untuk menjelaskan tahapan dan tata cara pendaftaran hingga melihat hasil ujian komprehensif. Mahmudi menerangkan bahwa SIKOTAMA memberikan layanan terkait ujian komprehensif serta mengurangi dokumen yang bersifat kertas. Selain itu, memudahkan mahasiswa dan dosen dalam sistem penilaian dengan menggunakan angka. Terakhir sistem ini juga sifatnya lebih user-friendly karena hadir pada versi android dimana mahasiswa bisa mendapatkan notifikasi secara langsung tentang jadwal ujian serta nilainya.

Sistem ini dapat diakses melalui website sikotama.accounting.uii.ac.id atau dapat mengunduh aplikasi melalui bit.ly/appsikotama. “Aplikasi ini baru bisa digunakan untuk pengguna android sehingga pengguna sistem operasi lainnya masih harus mengecek secara berkala melalui browser yang tersedia pada smartphone yang dimiliki,” ucap Mahmudi. Berbagai kelebihan ditawarkan oleh sistem ini antara lain mahasiswa tidak perlu lagi mencetak foto dan hanya perlu mengunggahnya.

Muamar juga menuturkan bahwa saat ujian sudah tidak ada lagi kartu ujian komprehensif. Mahasiswa hanya perlu menujukkan Kartu Tanda Mahasiswa saja. Apabila dalam ujian dinyatakan belum lulus mahasiswa tidak perlu menyerahkan semua dokumen seperti saat pertama mendaftar. Mahasiswa hanya perlu menyerahkan daftar nilai minimal C yang sudah ditandatangani oleh pembantu wali dosen pembimbing akademik  serta kwitansi pendaftaran ujian dan kwitansi SPP terakhir. Dalam sosialisasinya Muamar juga menjelaskan pendaftaran ujian komprehensif dilayani setiap bulan dimulai tanggal 1-15 di bulan sebelum pelaksanaan ujian. Untuk ujian yang dilaksanakan pada bulan Februari, pendaftarannya sudah bisa dimulai tanggal 8 Januari 2019. Namun, untuk mahasiswa yang akan melakukan ujian komprehensif pada bulan Januari belum bisa menggunakan SIKOTAMA dan dilayani menggunakan sistem manual.

Perubahan juga terjadi pada model penilaian sistem SIKOTAMA. Jika sebelumnya menggunakan nilai plus dan minus sekarang menggunakan nilai angka. “Mahasiswa dapat dinyatakan lulus. jika sudah memenuhi standar minimal yaitu 60 dengan syarat tidak boleh ada penguji yang memberikan nilai dibawah 40,” tutur Mahmudi.

SIKOTAMA juga memberi kemudahan terhadap mahasiswa yang belum lulus dalam ujian. “Kalau hasil ujian menujukkan belum lulus, mahasiswa pada hari itu dapat secara langsung mendaftarkan kembali ujian komprehensif apabila pelaksanaan ujian masih dalam waktu pendaftaran” tambahnya.

Izzatul Jannah, mahasiswi Akuntansi 2016, mengatakan sosialisasi SIKOTAMA ini sangat membantu karena memberikan kita pengetahuan dan penjelasannya juga jelas untuk kita mahasiswa yang akan ujian komprehensif. Selain itu, nilainya juga hanya mahasiswa itu sendiri yang tahu di dalam sistem. “Semoga lulus sekali ujian,” singkat kata dari Izza saat ditanyai harapan untuknya dan teman-temannya.

Reporter : Nabila, Karina, Rintan, Hikmah, Sarah, Retno

6158 Total Views 20 Views Today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *