SIMPOSIUM PEMUDA INDONESIA ASPIRASIKAN SUARA PEMUDA

SIMPOSIUM PEMUDA INDONESIA ASPIRASIKAN SUARA PEMUDA

(Sumber foto: https://forkafmi.wordpress.com/)

Oleh: Ulfa Fajria Ayub

Bacaekon.com–Yogyakarta. Pada Minggu (29/05), diadakan Simposium Pemuda Indonesia bertemakan “Kedaulatan Indonesia di Bidang Ideologi (Pancasila), Politik, dan Ekonomi di Era Masyarakat Ekonomi ASEAN”. Bertempat di Gedung Lengkung Pasca Sarjana Universitas Gadjah Mada (UGM), acara ini dihelat oleh Forum Kajian Filosofis Mahasiswa Indonesia (FKFMI) UGM dalam rangka memperingati hari pahlawan yang jatuh pada bulan November.

Kegiatan ini dilatarbelakangi oleh kekhawatiran akan kasus yang telah terjadi belakangan ini di sebagian wilayah Indonesia. “Kami ingin mengajak pemuda untuk melihat lagi, merefleksikan. Oh ternyata bagaimana sih sejatinya konsep kedaulatan ideologi Indonesia sendiri. Dan seharusnya sebagai generasi muda memposisikan diri sebagai apa,”ujar Khoirul Umam selaku ketua panitia pelaksana.

Rangkaian kegiatan dibagi menjadi dua, diskusi umum bersama para pembicara dan diskusi kecil tiap kelompok. Pemaparan materi oleh tiap pembicara menjadi brainstorming untuk menggelitik pemikiran kritis dari peserta. Isu-isu yang disampaikan mencakup ideologi (pancasila), politik, dan ekonomi yang saling berkaitan satu sama lain. Sesi kedua, peserta dibagi menjadi tiga kelompok (ideologi, politik, danekonomi) yang nantinya akan membahas saran dan masukan untuk mengkritisi isu yang telah diberikan pada sesi sebelumnya.

Pada penghujung acara, seluruh aspirasi yang telah disuarakan oleh peserta dalam diskusi kelompok akan dipaparkan dalam forum besar. Seluruh hasil diskusi tersebut rencananya akan diserahkan pihak panitia pada Menteri Sekretaris Negara di Jakarta. “Ya gak salah kan kita menyampaikan itu, mungkin dapat dijadikan bahan refleksi dan masukan bahwa ada harapan-harapan bagus, baik, dan positif dari kaum muda Indonesia, terutama yang punya semangat melihat permasalahan itu jauh dari tendensi-tendensi politik,” tutup pemuda asal Madura tersebut.

Reporter: Ulfa

1032 Total Views 1 Views Today

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *