Shutter Island

Shutter Island

(sumber foto : http://www.imdb.com/)

Oleh : Kandera Rineko Nindya

 

Sutradara         : Martin Scorsese

Genre                  : Mystery, Thriller

Pemain               : Leonardo DiCaprio

Ben Kingsley

Mark Ruffalo

Durasi                 : 138 menit

 

 Which would be worse, to live as a monster? Or to die as a good man?

 

Bacaekon.com-Rekomendasi. Ashecliffe Hospital merupakan rumah sakit jiwa di Shutter Island yang berlokasi di Boston Harbour Island. Film yang bersetting tahun 1954 itu mengisahkan tentang seorang U.S Marshals bernama Edward Teddy Daniels (Leonardo Dicaprio) dan rekan kerja barunya Chuck Aule (Mark Ruffalo) yang ditugaskan untuk menemukan Rachel Solando (Emily Mortimer) yang hilang. Rachel Solando merupakan seorang pasien di rumah sakit tersebut atas kasus pembunuhan terhadap tiga orang anaknya.

Kedatangannya di rumah sakit jiwa Ashecliffe disambut oleh wakil penjaga rumah sakit yang bernama McPherson (John Carroll Lynch) dan beberapa petugas lainnya. McPerson menjelaskan bahwa rumah sakit ini terbagi menjadi tiga bagian yaitu, gedung A untuk pasien laki-laki, gedung B untuk pasien wanita, dan gedung C untuk pasien yang sangat berbahaya. Kemudian Ted dan Chuck diantar untuk menemui Dr. Cawley (Ben Kingsley). Dr. Cawley menjelaskan mengenai kasus hilangnya seorang pasien wanita yang bernama Rachel Solando.

Penyelidikan pun dimulai. Tempat pertama yang dikunjungi oleh Ted dan Chuck adalah ruang rawat Rachel. Di sana Ted memeriksa lantai dan ia menemukan sebuah kertas bertuliskan “The Law Of 4 Who Is 67?” ia menanyakan kertas tersebut pada Dr. Cawley tetapi Dr. Cawley mengatakan bahwa hal itu tidak penting dan meminta kertas itu, namun Ted tidak mau memberikannya karena menurutnya ini adalah suatu petunjuk yang sangat penting untuk penyelidikan. Ted pun menyimpulkan bahwa Rachel melarikan diri tanpa alas kaki karena ia menemukan sepatu Rachel pada kamar tersebut.

Tempat kedua yang Ted dan Chuck kunjungi adalah sebuah ruang yang biasanya digunakan untuk bermain poker. Kemudian Ted dan Chuck menemui McPerson di tebing berbatu. McPerson menjelaskan bahwa tempat ini 17,8 km menuju daratan dan airnya dingin sekali dan tidak mungkin Rachel dapat menuju goa yang berada di dekat terbing berbatu karena pada bagian bawah goa tersebut terdapat semak beracun dan duri-duri yang tinggi sehingga mustahil untuk dilalui Rachel yang kabur tanpa alas kaki. Di sanalah untuk pertama kalinya Ted melihat bangunan mercusuar tua.

Alur film yang diadaptasi dari sebuah novel karya Dennis Lehane ini sering berubah-ubah antara alam bawah sadar Ted dan kenyataan sebenarnya. Ted sering berhalusinasi tentang istri yang sangat dicintainya bernama Dolores Chanal (Michelle Williams). Dolores meninggal dalam kasus kebakaran dalam apartement yang disebabkan oleh seorang pria bernama Andrew Laeddis (Elias Koteas). Tidak hanya itu Ted juga sering berhalusinasi tentang masa lalunya sebagai Marsals yang telah membunuh dan melihat banyak korban perang di jalan.

Shutter Island bukanlah sekedar film hiburan biasa. Butuh ketelitian ekstra untuk menelanjangi setiap sudut film. Alur cerita mulus yang diacak-acak dengan alam bawah sadar Ted membuat film tersebut sedikit susah untuk dicerna. Penonton diajak untuk memperdebatkan perihal kewarasan Ted. Tidak semua penonton beranggapan bahwa Ted normal. Penonton beranggapan bahwa Ted sudah terkena penyakit Skizofrenia dari awal film berlangsung. Skizofrenia adalah penyakit otak kronik yang ditandai dengan gangguan proses berpikir dan tanggapan emosi yang lemah. Orang yang terkena penyakit Skizofrenia akan susah membedakan antara realita dan halusinasi yang sedang dibangunnya berdasarkan disfungsi social dan pekerjaan yang signifikan. Melalui film tersebut kita dapat mengetahui pola pikir seseorang yang terkena penyakit Skizofrenia.

Di sisi lain mereka yang beranggapan bahwa Ted normal, lewat film ini mengajarkan bahwa kita tak boleh terlalu percaya kepada orang yang baru saja dikenal. Seperti yang diungkapkan Dewi Lestari, percaya membabi-buta kepada pihak asing bisa jadi senjata makan tuan. Lihat saja Ted karena terlalu percaya kepada Chuck yang merupakan orang baru bagi Ted, akhirnya dia masuk dalam perangkap yang dimainkan oleh Ashecliffe Hospital. Well, bagaimana dengan kalian? Apakah kalian memiliki pendapat yang sama? Meski film ini bukan sekedar film hiburan biasa, Shutter Island sukses menduduki puncak tangga box office selama dua minggu berturut-turut pada masanya.

 

 

700 Total Views 1 Views Today

Related Post

Letter To Sweet Coffee

Letter To Sweet Coffee

Oleh: A. Gunawan Judul               : Surat Untuk Kopi Manis (Letter To Sweet Coffee) Penulis             :…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *