SERIKAT MAHASISWA INDONESIA KECAM KONFLIK AGRARIA

SERIKAT MAHASISWA INDONESIA KECAM KONFLIK AGRARIA

(Foto : Rintan Falah)

Oleh: Ilham Aditya Perdana

 BACAEKON.COM-YOGYAKARTA. Berbagai unsur masyarakat silih berganti menyuarakan empati mereka terhadap isu-isu pelanggaran HAM dan konflik agraria di Yogyakarta. Puncak kepedulian mereka terjadi ketika bertepatan dengan peringatan hari HAM Internasional (10/12/16). Masa yang terdiri dari berbagai elemen masyarakat bersatu untuk bersama-sama melakukan long march yang dimulai dari kantung parkir Abu Bakar Ali, menyusuri Jalan Malioboro hingga berhenti dan berakhir di wilayah Nol Kilometer.

                Massa yang terdiri dari beberapa unsur masyarakat, diantaraya dari mahasiswa, kaum miskin kota, dan beberapa Organisasi Masyarakat (Ormas) seperti KPO (Kaderisasi dan Pengembangan Organisasi), PP (Pemuda Pancasila), dan SMI (Serikat Mahasiswa Indonesia). Berjalan menyusuri Jalan Malioboro sambil tiada henti melakukan orasi bertema pelanggaran HAM dan isu-isu agraria di Yogyakarta dari beberapa kordinator yang terlibat dari aksi tersebut.

                Adapun latar belakang yang dipaparkan oleh Gofur, salah satu bagian dari Komite Perjuangan Agraria (KOPRA) yang merupakan bagian dari aksi tersebut yaitu, “pertama yaitu, perampasan hak hidup, di Yogyakarta semakin tinggi tingkat konflik agrarianya, dan kami mengkampanyekan pro rakyat terhadap perampasan hak hidup warga yang terkena dampak yang ada di Yogyakarta. Dan yang kedua, memperkarakan tentang pengekangan ruang demokrasi di Yogyakarta berdasarkan yang terjadi dua tahun terakhir ini, misalkan ada agenda-agenda diskusi tertentu selalu dikekang agenda-agendanya, itu merupakan suatu hal yang sangat tidak demokratis terhadap mahasiswa di Yogyakarta,” ujarnya di sela-sela aksi.

                Gofur menyatakan bahwa ini bukan gerakan aksi yang pertama dan juga terakhir, tapi ia juga mencoba untuk melakukan agenda-agenda diskusi terkait penggusuran pengekangan demokrasi berikutnya.

Reporter: Dita, Dina, Ulfa

7206 Total Views 1 Views Today

Related Post

LAGU  BURUH TANI BERGEMA SAAT SEMATA

LAGU BURUH TANI BERGEMA SAAT SEMATA

  Oleh : Dewi Larasati (Foto:  Amelia Larasati) BACAEKON.COM-KAMPUS FE UII, (26/08) berlangsung kegiatan ospek…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *