Berita Kampus

Semarak Idul Adha di FBE UII, Kolaborasi Menjanjikan Takmir Al Muqtashidin

Foto: Naufal Mahardika

Narasi: Aulia Hibatullah

Bacaekon – Pada hari Minggu (10/7) kemarin sudah terlaksana kegiatan berkurban dalam rangka hari raya Idul Adha. Meskipun terdapat perbedaan waktu pelaksanaan Sholat Ied di beberapa tempat, masyarakat tetap tidak menyurutkan kebahagiaan pada raya kali ini. Berbagai masjid berlomba-lomba dalam memeriahkan perayaan Idul Adha, tak terkecuali Masjid Al Muqtashidin di FBE UII. Berbagai rangkaian kegiatan diadakan oleh Takmir Al Muqtashidin sebagai bentuk memeriahkan sekaligus memfasilitasi beberapa mahasiswa FBE yang masih berada di Jogja.

Kegiatan dimulai bahkan 1 hari sebelum Idul Adha, tepatnya adalah acara berbuka puasa Arafah bersama di masjid pada hari Sabtu (9/7). Acara pertama ini merupakan kajian tematik spesial puasa arafah yang diisi oleh Ustadz Abu Umair, B.A., S.Pd.I., M.Pd. dengan tajuk “Bahagiakan Orangtuamu Meski Jauh di Perantauan”. 

Aldy Maulana Ibrahim, Koor Harian Takmir, menyampaikan bahwa kajian ini sendiri ditujukan untuk mahasiswa FBE angkatan 2020 dan 2021 sebagai bentuk memperkenalkan masjid kepada para mahasiswa baru. “Kita adakan kajian tematik spesial menjelang buka puasa arafah. Kita sediakan menu bukber nasi kebuli dan kita targetnya mahasiswa 2020 dan 2021. Dari situ kembali ke awal tujuannya biar menarik mahasiswa untuk ke masjid, terus yang ngerantau awal bulan kan ada yang nggak pulang tetep bisa ngerasain kebersamaan walau jauh dari rumah,” terangnya ketika diwawancara. 

Acara berikutnya yaitu pada esok harinya, yaitu pelaksanaan Sholat Idul Adha di halaman depan kampus FBE UII dengan khatib Ustadz Priyonggo Suseno S.e., M.Sc., Ph.D dan yang menjadi Imam yaitu Muhammad Nasyith Muharram. Sholat Ied ini dimulai pada pukul 06.30 pagi dan dihadiri berbagai kalangan, mulai dari mahasiswa FBE, dosen dan karyawan, dan juga masyarakat sekitar. Sholat Ied kali ini bisa dikatakan berjalan lancar dan sukses. Aldy mengatakan Sholat Ied kali ini di luar ekspektasi karena banyak sekali yang menghadiri jika dibandingkan tahun-tahun sebelumnya yang memang menurun karena berbagai faktor. 

“Tahun 2019 menurut data waktu kita sharing dari alumni. Itu shaf laki-laki cuma 5 aja dan akhwat itu cuma sedikit 5 atau 6 (shaf) juga. Hari ini di luar ekspektasi, padahal kemarin sudah ada Sholat Ied duluan kan (muhammadiyah), tapi malahan ini kita tadi membludak dari target lapangan yang sudah kita siapkan. Nggak nyangka juga bakal seramai ini,” ujarnya. 

Lalu dilanjutkan dengan pemotongan hewan kurban pada pukul 9 pagi. Hewan kurban yang disembelih di Masjid Al Muqtashidin FBE UII berupa 10 ekor kambing, 8 berasal dari shohibul dan 2 merupakan sedekah dari kampus dan lembaga. Penyembelihan hewan kurban berlangsung lancar hingga pukul 1 siang. Meskipun target awal adalah menyembelih 14 ekor kambing, takmir tetap bersyukur masih dapat melaksanakannya sesuai target minimal. “Terus tadi kita kurban targetnya 14 (kambing) ya minimal 10 lah. Alhamdulillah tercapai juga 10 kambing meskipun bukan semuanya shohibul tapi tetap ada aksi (penyembelihan)  di situ,” ucap Aldy. 

Malam hari kegiatan ditutup dengan acara Ramah Tamah Lembaga di FBE UII. Kegiatan berupa makan bersama dan syukuran atas berjalannya Idul Adha kali ini. Takmir turut mengundang berbagai lembaga di FBE dan juga dari pihak kampus. Dari pihak kampus takmir mengundang Wakil Dekan Bidang Keagamaan, Kemahasiswaan, dan Alumni FBE UII. Meskipun beberapa undangan ada yang berhalangan acara tetap dijalankan dan selesai dengan semestinya. 

“Kurang sesuai ekspektasi karena banyak dari rangkaian-rangkaian yang kita harapkan itu gagal, seperti awalnya kita ingin mengundang wadek baru, tapi beliau berhalangan. Kemudian pimpinan LEM fakultas mereka juga belum terbentuk dan banyak yang belum terselesaikan. Tapi Alhamdulillah enggak apa-apa,” kata Aldy.

Keseluruhan kegiatan ini sendiri diselenggarakan oleh Takmir yang berkolaborasi dengan lembaga-lembaga yang ada di FBE UII. Berbagai lembaga tersebut, yaitu LEM UII, LDF, LPM, KOPMA, HMJA, HMJM, HMJIE ,MARCOM dan ada beberapa dari study club. Kolaborasi ini bertujuan untuk merekatkan kembali mahasiswa di FBE. Seperti yang kita tahu, 2 tahun kebelakang berbagai acara kelembagaan harus dilakukan secara terpisah membuat sinergi antar lembaga menghilang. Sehingga diharapkan kolaborasi ini membukakan jalan untuk kembali bersinergi. 

“Yang pertama kita bisa merekatkan lagi teman-teman mahasiswa yang telah lama terpisah karena sudah lama online. Nggak cukup untuk mengenal 1 sama lain. Lembaga ini salah satu organisasi di kampus yang memiliki peran penting buat mahasiswa yang dia nggak aktif. Ya diharapkan ini bisa dijadikan batu loncatan buat yang lain biar bisa saling bersinergi dengan yang lain,” jelas Aldy.

Aldy menambahkan untuk harapan Idul Adha tahun depan dia tidak berekspektasi terlalu tinggi. Harus melihat dulu seperti apa regenerasi dari Takmir Masjid Al Muqtashidin ini. Aldy hanya berpesan bahwa kegiatan tahun depan bisa menambal evaluasi-evaluasi yang ada pada tahun ini. Seperti banyak peserta yang tidak datang atau mungkin kurang meriah acaranya. Harapannya tahun depan bisa melanjutkan apa yang sudah digoreskan Takmir tahun ini. 

“Kita melihat kedepannya seperti apa, tapi minimal mereka bisa melanjutkan apa yang sudah kita goreskan sekarang ini itu sudah cukup sekali. Insyaallah sudah bagus. Mungkin mereka bisa improvisasi apa-apa yang kita jadikan evaluasi sekarang. Seperti ini (Ramah Tamah)  banyak yang enggak datang atau ini tadi acaranya kurang meriah atau seperti apa gitu,” pungkasnya.

Reporter: Aul dan Khalid

Editor: Mujahid Hamzah K.

139 Total Views 1 Views Today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *