Sejauh Mana Kebijakan Merokok di Kampus?

Sejauh Mana Kebijakan Merokok di Kampus?

Oleh : Latifah Putranti

Bacaekon.com-kampus. Merujuk pada Peraturan Gubernur (Pergub) No. 42 Tentang Kawasan Dilarang Merokok (KDM), Fakultas Ekonomi Universitas Islam Indonesia (FE UII) mulai mempertegas larangan merokok di kampus (tempat belajar mengajar). Hal tersebut disampaikan dekan FE UII, Agus Hardjito yang ditemui di ruang kerjanya  (21/1).

“Larangan ini kita mulai setahap demi setahap. Untuk saat ini, sifatnya persuasif, yang artinya kita akan mengurangi dan lama-lama menghilangkan, kalau saklek, itu frontal ” kata Agus Hardjito. Maka dari itu, menurut dia, perlu adanya dukungan dan sosialisasi antara dosen, karyawan dan mahasiswa. Terutama lembaga pers dan organisasi lainnya.

Salah satu upaya yang dilakukakan yaitu dengan memasang papan dan spanduk di beberapa sudut kampus. “Papan tersebut sudah ada sejak dulu, tapi aturannya belum ada. Memang kita (kawasan FE) belum secara keseluruhan tempat bebas asap rokok, dilokalisir (kawasan khusus merokok) berada di belakang dekat kantin”, lanjut Agus Hardjito.

Kampus bebas asap rokok ini bertujuan untuk menjaga kebersihan dan kesehatan civitas akademika FE UII. “Apalagi kampus kita akan merujuk ke standar internasional. Misal kampus kita kotor, kalau ada tamu kan malu,” pungkas Agus Hardjito.

 

1054 Total Views 1 Views Today

Related Post

LAGU  BURUH TANI BERGEMA SAAT SEMATA

LAGU BURUH TANI BERGEMA SAAT SEMATA

  Oleh : Dewi Larasati (Foto:  Amelia Larasati) BACAEKON.COM-KAMPUS FE UII, (26/08) berlangsung kegiatan ospek…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *