Berita Yogyakarta

Satu Gerakan Lawan Korupsi

Oleh : Restin Septiana

Bacaekon.com-Yogyakarta. Aksi memprotes pengkapan Bambang Widjojanto selaku pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) oleh Polisi Republik Indonesia (Polri) dilakukan oleh berbagai kalangan masyarakat. Aksi pada 24 Januari 2015 tersebut dimulai pukul 09.00 WIB hingga 11.20 WIB. Massa aksi melakukan longmarch dari Taman Kuliner Condong Catur Yogyakarta ke markas Polisi Daerah (Polda) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Massa aksi yang terdiri dari mahasiswa berbagai universitas seperti, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY), Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga, Universitas Gajah Mada (UGM), Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), dan Universitas Islam Indonesia (UII). Selain itu hadir Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Yogyakarta, Pusat Hak Asasi Manusia (Pusham) UII, serta beberapa Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) lainnya. Turut pula budayawan dan seniman Yogyakarta. Aksi ini sendiri dipelopori oleh Pusat Kajian Anti Korupsi (Pukat) UGM.

“Tujuan mengikuti aksi ini karena keprihatinan bersama atas kriminalisasi terhadap anggota KPK, Bambang Widjojanto. Karena kan sebenarnya ini adalah upaya pelemahan terhadap KPK sebagai institusi penegakan korupsi di indonesia,” tutur Safi’i perwakilan dari Pusham UII.

Ia juga menambahkan bahwa perlu perhatian bersama terkait korupsi. Karena korupsi adalah musuh besar manusia. Korupsi adalah sentrum dari kemiskinan yang terjadi di mana-mana terhadap rakyat. Untuk itu ia berpesan kepada mahasiswa,

“Ya, mahasiswa itu harus terlibat dalam pemberantasan korupsi. Tanpa itu indonesia tidak akan mewujudkan keadilannya,” harapnya terkait peran mahasiswa dalam pemberantasan korupsi.

 

1266 Total Views 1 Views Today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *