Berita Kampus

Prosedur Penunjukkan Panwil FE UII

Oleh: Muhammad Irsan R

Bacekon.com-Kampus. Saat ditemui di pantai Fakultas Ekonomi Universitas Islam Indonesia (FE UII) pada Rabu (27/05), Ficilia Resti Oktaviani selaku panitia Komisi Pemilihan Umum (KPU) FE UII berujar bahwa penunjukkan Panitia Wilayah (Panwil) FE UII merupakan tanggungjawab KPU.

Kalo buat Panwil itu gak ada aturan dari mana mahasiswanya, mau dari lembaga apa yang udah ikut kepanitiaan boleh, atau mahasiswa biasa juga bisa, asal harus melalui KPU,” tutur Resti.

Saat ini terdapat 7 orang mahasiswa/i yang ditunjuk sebagai Panwil oleh KPU FE UII. “Pertama yang ditunjuk jumlahnya 5 orang, terus nambah 2 orang jadinya sekarang ada 7 orang,” ucap Resti. Namun, bila dirasa masih kewalahan untuk mengurus Pemilwa, pihaknya akan menambah panitia Panwil.

Resti mengakui bahwa memang saat penunjukkan Panwil Pemilwa tahun ini terdesak oleh waktu. Lanjut dia, KPU Pemilwa rencananya dibentuk pada bulan Februari silam, namun ternyata KPU baru terbentuk pada akhir April lalu. Berangkat dari keadaan tersebut, maka Resti menunjuk anggota Panwil secara close recruitment.

Kalo dibentuknya KPU bulan Februari, ya sebenarnya bisa oprec, tapi karena udah mepet dan waktunya tinggal dikit, ya aku langsung nunjuk. Pemilihan Panwil FE itu tanggal 30 april, tapi baru kebentuk tanggal 3 Mei,” ujar Resti. Keterlambatan waktu tersebut disebabkan karena padatnya kegiatan yang harus dikerjakan oleh KPU.

Kemudian Resti meminta bantuan kepada ketua LEM FE untuk mencari mahasiswa yang akan dijadikan sebagai Panwil. “Syarat jadi Panwil itu harus berkomitmen, mau banyak kerja,mau gak kuliah beberapa hari, dan mau mendengar keluhan dari berbagai pihak,” ucap Resti.

“Mau gak mau ya harus gerak cepat. Rangkaian Pemilwa tanggal 31 Mei harus selesaidan 3 Juni harus SU (Sidang Umum-red). Ya karena udah deadline, makanya gak sempet cari orang, dan juga gak sempet ke Kopma, LPM, dan ke yang lainnya,” tutup Resti.

Reporter: Muhammad Irsan R

1775 Total Views 1 Views Today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *