Tips

POLA HIDUP SEHAT, KEMAMPUAN DAYA PIKIR TINGGI

(Sumber Foto : www.zonakesehatan.com)

Oleh: Deby Diesta Anggraini

Bacaekon.com-Tips. Lazim kita ketahui bahwa di setiap lingkungan universitas terdapat mahasiswa dengan berbagai macam kinerja, sifat dan kebiasaan. Ada mahasiswa yang rajin belajar, ada juga mahasiswa yang malas belajar. Biasanya mahasiswa yang rajin belajar dikarenakan adanya kemauan dan motivasi dalam melakukan hal tersebut, tidak terlepas mereka mampu memahami dari apa yang mereka pelajari. Begitupun juga dengan mahasiswa yang memiliki sedikit motivasi belajar, dimungkinkan mereka mengalami kesulitan dalam memahami apa yang mereka pelajari sehingga menyebabkan mereka tidak menyukai dan bahkan menyerah untuk belajar.

Banyak yang beranggapan bahwa kemampuan daya pikir itu merupakan faktor dari lahir, namun sebenarnya ada beberapa faktor penentu yang dapat mempengaruhi bahkan menentukan kemampuan daya pikir mahasiswa yang di antaranya;

  1. Makanan

Perkembangan otak tentunya sangat dipengaruhi oleh nutrisi dari makanan yang dikonsumsi. Maka konsumsilah makanan yang bergizi tinggi seperti telur, ayam, ikan, sayuran dan buah-buahan.

  1. Waktu Tidur

Istirahat dan tidur malam yang baik membantu otak dapat tumbuh dan berkembang dengan optimal. Rutinitas dan pola tidur harus teratur dan terus dijaga.

Dua Faktor di atas merupakan hal yang sering tidak diperhatikan oleh sebagian banyak mahasiswa sehingga menyebabkan kinerja otak dalam berpikir menjadi tidak optimal. Begadang dan mie instan merupakan istilah yang sangat lekat pada pola perilaku mahasiswa. Pada dasarnya apabila dua istilah tersebut selalu dilakukan dan dikonsumsi terus-menerus tidak hanya menurunkan kinerja otak bahkan akan mendatangkan penyakit.

Siapa yang tidak ingin memiliki otak yang cerdas serta daya ingat yang tinggi? Hampir setiap orang menginginkan hal tersebut. Otak merupakan salah satu bagian tubuh yang sangat penting bagi manusia. Ini karena otak dapat mengatur seluruh kegiatan dan aktivitas dalam diri manusia. Tak hanya itu saja, dengan memiliki daya ingat yang tinggi tentunya ini akan membantu kita dalam menyelesaikan segala sesuatunya.

Dari penjelasan faktor di atas, makanan merupakan komponen utama dalam menjaga kesehatan tubuh salah satunya yaitu otak. Nah, berikut adalah makanan untuk meningkatkan daya ingat dan konsentrasi. Adapun beberapa makanan yang dapat meningkatkan kemampuan daya pikir yaitu;

  1. Kacang-kacangan

Makanan yang pertama adalah kacang-kacangan. Selama ini kacang dihindari oleh setiap orang karena dipercaya dapat menyebabkan jerawat. Akan tetapi Anda tidak perlu khawatir, kandungan vitamin dan nutrisi dalam kacang-kacangan mampu meningkatkan daya ingat otak Anda. Hal ini dikarenakan kacangan mengandung vitamin E yang merupakan antioksidan yang berfungsi untuk melindungi membran sel saraf. Tak hanya itu saja, kacang-kacangan juga kaya akan asam lemak omega 3 yang bermanfaat untuk menunjang fungsi dan pertumbuhan otak.

  1. Buah Berry

Buah berry merupakan salah satu jenis buah yang kaya akan vitamin C dan juga antioksidan. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa selain dapat mencegah kanker, buah berry juga berguna untuk meningkatkan  daya ingat pada otak. Selain vitamin C, buah berry juga mengandung zat quercetin yang berguna untuk melindungi fungsi sel otak. Sedangkan antosianin pada buah berry dapat mencegah penyakit alzheimer atau penurunan daya ingat.

  1. Tomat

Buah yang memiliki warna merah ini pun memiliki manfaat yang sama seperti buah berry. Selain dapat mencegah kanker, tomat juga meningkatkan daya ingat dan juga konsentrasi. Hal ini dikarenakan tomat mengandung senyawa lycopene yang dapat membantu melindungi tubuh dari segala kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas. Dan tentunya ini akan membantu otak lebih sehat dan menurunkan resiko alzheimer. Selain tomat, Anda juga mengonsumsi jenis sayuran lainnya seperti brokoli, bayam, asparagus, paprika dan juga kubis.

  1. Asam Lemak Omega-3

Selanjutnya adalah makanan yang kaya akan asam lemak omega 3. Asam lemak omega 3 yang Anda konsumsi memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan jantung, mencegah depresi serta meningkatkan daya ingat. Hal ini pun diperkuat dengan adanya penelitian yang menunjukkan bahwa asam lemak sangat berperan dalam mempertajam pikiran serta daya ingat seseorang. Sumber asam lemak omega 3 yang dapat Anda konsumsi adalah ikan tuna, ikan salmon, ikan makerel, sarden, teri  dan jenis ikan lainnya.

Itulah beberapa makanan yang dapat membantu meningkatkan kemampuan daya pikir. Apabila setiap mahasiswa Indonesia yang memiliki pola hidup yang sehat, dapat dimungkinkan bahwasanya mahasiswa di Indonesia akan memiliki motivasi belajar yang tinggi dan tekun bahkan memiliki semangat dalam menjalankan aktivitasnya baik yang bersifat akademik maupun non-akademik.

 

(Referensi: www.sehat.com)

1709 Total Views 1 Views Today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *