Berita Kampus

PESTA UII 2019 : Mengembalikan Fungsi Mahasiswa dan Konsep Ramah Lingkungan

Foto : Azizah

Oleh : Andi Nur Azizah Hafsah

Area kampus terpadu Universitas Islam Indonesia dipadati oleh mahasiswa baru (Maba) dan panitia penyelenggara Pesona Ta’aruf Universitas Islam Indonesia ( PESTA UII ). Agenda yang rutin diadakan setiap tahun ini bertujuan untuk mengenalkan lingkungan kampus kepada mahasiswa baru UII. Ada yang menarik dari pelaksanaan PESTA UII 2019 kali ini, acara yang diselenggarakan pada tanggal 14-16 Agustus 2019 tersebut mengusung tema “Retour A la Nature” dengan tagline “Gerakan Intelektual Kolektif Berbasis Profetik Guna Mewujudkan Mahasiswa Progresif”.

Lunturnya esensi dari fungsi natural mahasiswa menjadi latar belakang panitia PESTA UII 2019 untuk mengusung tema tersebut. Tema yang diambil dari seruan Jean Jacques Rousseau,  seorang filsuf dan penulis dari Perancis ini memiliki arti “kembali ke alam”. Dalam konteks PESTA UII 2019, alam yang dimaksud adalah alam dasar mahasiswa, seperti yang dikatakan oleh Muhammad Helmi, staff komisi A Sterring Committee PESTA UII 2019, “Retour A la Nature ini kita menginginkan para maba-miba ( mahasiswa/i baru-red) ini kan kembali ke alamnya, yaitu kembali kepada  fungsinya,” jelas Helmi ketika ditanya terkait makna dari tema tersebut. Ada empat fungsi mahasiswa yang ingin diingatkan melalui acara ini, yaitu mahasiswa sebagai generasi perubahan (agent of change), generasi pengontrol (social control), generasi penerus (iron stock), dan gerakan moral (moral force). Fungsi tersebut yang dijadikan landasan dalam pembentukan konsep acara PESTA UII 2019.

Walaupun di dalam tema  yang dimaksudkan bukanlah ‘alam’ lingkungan, tetapi alam dasar mahasiswa, panitia menginginkan konsep acara PESTA UII 2019 ini untuk tetap ramah terhadap lingkungan, “Memang tema besarnya tetap “retour a la nature” itu, tapi untuk konsepnya kami menginginkan seluruh rangkaian PESTA UII minim sampah plastik,” ujar Helmi.

Konsep acara tersebut dapat terlihat pada rangkaian acara yang berbeda dengan tahun lalu. Peniadaan koreografi yang menimbulkan banyak sampah kertas, kegiatan penanaman tanaman hias, hingga penyesuaian barang bawaan peserta. Nampak ada sesuatu yang berbeda dari barang bawaan peserta tahun lalu, peserta PESTA UII 2019 kali ini diminta untuk membawa tumbler (botol minum-red). “Untuk konsep yang kami bangun kami menginginkan mereka membawa tumbler lalu nanti tumbler itu akan kami isi dengan air isi ulang.” Namun, niat mengurangi penggunaan sampah plastik tersebut masih mengalami kendala. Panitia tetap harus meminta peserta untuk membawa air mineral kemasan plastik ukuran 1,5 liter untuk mengisi ulang tumbler yang telah dibawa, karena di kawasan kampus UII belum terdapat saluran air siap minum.

Konsep ramah lingkungan yang diusung oleh panitia PESTA UII 2019 diharapkan dapat mengurangi sampah kertas dan plastik.  Viona Rizky Amanda, mahasiswa jurusan Psikologi UII 2019 ini mengaku dengan membawa tumbler tersebut bisa efektif dalam mengurangi sampah plastik yang merupakan tujuan dari panitia.

Berbeda halnya dengan mahasiswa jurusan Teknik Mesin UII 2019, Asty Astuti Shetiawaty, menurutnya dengan membawa tumbler dan air mineral kemasan 1,5 liter dinilai tidak efektif, karena selain beban bawaan peserta semakin berat, juga malah menimbulkan sampah plastik. “sebaiknya cukup tumbler saja, tapi ukurannya yang 600 ml keatas” ujarnya.

Nova juga menyampaikan hal yang sama mengenai sampah plastik yang ditimbulkan. “kan tujuannya membawa tumbler itu kemarin untuk mengurangi sampah plastik, sedangkan kalau bawa botol air mineral 1,5 liter itu aja sudah menyumbangkan satu sampah botol plastik, banyangin aja teman-teman banyak juga yang langsung beli tiga botol, jadi kalau tujuan awalnya mengurangi sampah plastik, ternyata malah sebaliknya.” Ungkap mahasiswa program studi Ilmu ekonomi 2019 tersebut. Nova juga menyarankan sebaiknya panitia menyediakan air galon isi ulang, sehingga peserta cukup membawa tumbler saja.

Reporter : Azizah, Retno, Gilang

Editor : Ikrar

175 Total Views 4 Views Today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *