PESTA, LELAH TAPI SENANG

PESTA, LELAH TAPI SENANG

Foto: Ilham A. Perdana

Bacaekon.com-Kampus. Telah genap dua hari Pekan Orientasi dan Ta’aruf (Pesta) Unisi dilaksanakan sejak Jumat, 18 Agustus kemarin. Seperti biasanya, usai acara ditutup secara simbolis oleh Rektor, Nandang Sutrisno, para mahasiswa beranjak, namun bukan pulang. Pasalnya selepas sholat magrib, panitia Pesta masih mempersiapkan suguhan hiburan bagi mahasiswa-mahasiswi baru ini. Di sela-sela waktu tersebut, tim Ekonomika berhasil mewawancarai beberapa peserta Pesta untuk mengungkapkan kesannya sepanjang acara.

Salah satu yang kami wawancarai adalah Ahmad Alkatiri, mahasiswa Fakultas Teknil Lingkungan 2017. Pria yang berasal dari Sulawesi Utara ini menyatakan kebanggaannya dapat kuliah di Universitas Islam Indonesia karena nilai historis berdirinya.

Ahmad mengungkapkan, “pertamanya tegang karena sini (UII-red) adalah universitas terbaik di Indonesia. Terutama ini didirikan juga oleh pendiri indonesia sendiri, yakni Mohammad Hatta.”

Mahasiswa yang masuk via Penelusuran Siswa Beprestasi (PSB) gelombang 4 ini juga menyatakan kekagumannya terhadap penampilan-penampilan organisasi-organisasi mahasiswa. Rupa-rupanya ada satu yang menarik hati. Ketika ditanya tentang niatnya terlibat dalam satu organisasi, Ahmad tanpa jeda langsung menjawab, “Marching Band. Itu (penampilan Marching Band-red) sangat menarik untuk dilihat dan ditunggu-tunggu. Mereka bagus, kompak, harmonis gitu.”

Tampaknya yang terkesan bukan cuma Ahmad Alkatiri. Arifurrohman, mahasiswa Fakultas Ekonomi 2017, juga mengalamatkan pujian kepada Marching Band. Mahasiswa asal Medan ini menyatakan, “acara-acara UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa) yang terakhir itu banyak yang wow. Apalagi Marching Band, bagus sekali.”

Namun berbeda dengan Ahmad, meski kagum, Arifurrohman tak berniat berpartisipasi dengan Marching Band. Sejak awal ia telah bertekad untuk mendaftarkan diri untuk UKM Basket. Sebabnya, Arifurrohman rupa-rupanya sudah lebih dulu menyukai basket sejak lama.

Jawaban minat organisasi ini nyatanya beragam. Atikasari, mahasiswi Fakultas Ekonomi 2017, juga memiliki ketertarikan yang berbeda. Atikasari mula-mula menyatakan dirinya ‘masih ingin lihat-lihat dulu’. Namun untuk sementara, rupa-rupanya sudah ada organisasi yang ia lirik. “HMI (Himpunan Mahasiswa Islam) saya suka, yang berbau seni dan olahraga juga saya suka,” aku Atikasari.

Adapun ketika diminta untuk menyatakan keluhan, jawaban para mahasiswa ini cukup seragam. Baik Ahmad Alkatiri, maupun Arifurrohman secara terang-terangan menyatakan mereka merasa kepanasan di saat aktifitas dilakukan di luar ruangan. Ahmad merasa sedikit lebih beruntung karena rasa penat akibat kepanasan hanya terjadi di saat ia memperoleh pelatihan koreografi. Saat Pesta berlangsung, kelompok jamaahnya mendapat tempat di bawah rindang pohon.

Menanggapi pengalaman tersebut, Arifurrohman berharap kepada panitia agar di masa depan aktifitas dapat dilakukan penuh di dalam ruangan. Dengan begitu para peserta Pesta dapat menikmati acara tanpa terganggu hawa panas.

Tapi toh hal tersebut tak banyak berpengaruh pada kepuasan peserta. Terlepas dari keluhan tentang aktifitas luar ruangan yang membuatnya kepanasan, baik Ahmad, Arifurrohman, maupun Atikasari sama-sama merasa puas, terobati oleh tampilan acara yang menarik. Atikasari menyatakan, “Saya senang, bahagia. Acaranya menghibur jadi ya senang aja. Lelah sih, tapi senang.”

Di akhir wawancara, Atikasari berharap kepada panitia, terutama wali jamaah agar tak melupakan mereka. “Kita pernah sama-sama di acara Pesta. Kalau bertemu jangan membeda-bedakan senior sama junior,” harapnya.

Oleh: Ridho H. Pratama

Reporter: Alfi, Gilang, Ilham, Taufan, Lita, Ridho

13278 Total Views 165 Views Today

Related Post

LAGU  BURUH TANI BERGEMA SAAT SEMATA

LAGU BURUH TANI BERGEMA SAAT SEMATA

  Oleh : Dewi Larasati (Foto:  Amelia Larasati) BACAEKON.COM-KAMPUS FE UII, (26/08) berlangsung kegiatan ospek…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *