Rekomendasi Tempat

Pesona Keindahan Alam Sri Gethuk

Sumber foto : wisataindonesia77.blogspot.com

Oleh : Raden Alan Finaldo

Bacaekon.com-Rekomendasi. Siapa yang tidak ingin mengunjungi tempat yang indah dengan pemandangan yang menakjubkan. Ditambah lagi pergi bersama keluarga atau teman-teman yang pasti akan membuat liburan menyenangkan. Pemandangan hijau yang dipenuhi dengan pepohonan dan aliran sungai yang tenang membuat hati dan pikiran pun jernih. Itu semua bisa didapatkan di salah satu obyek wisata Yogyakarta yaitu Sri Gethuk. Terletak cukup jauh dari pusat kota Yogyakarta tepatnya di Desa Wisata Bleberan Wonosari. Untuk mencapai lokasi Sri Gethuk ini membutuh waktu sekitar dua jam perjalanan dengan kondisi jalan yang cukup baik.

Meski begitu hal ini tidak membuat putus asa wisatawan yang ingin mengunjungi Sri Gethuk. Sebab pemandangan alam yang disajikan sangat menawan. Bukan hanya itu, biaya yang dikeluarkan pun tidak mahal hanya cukup membayar parkir Rp 2000, wisatawan dapat menikmati pemandangan Sri Gethuk. Setiap hari salah satu obyek wisata di Yogyakarta ini selalu ramai pengunjung, dari dalam negeri maupun luar negeri. Wisatawan berdatangan untuk menikmati keindahan alam yang diberikan oleh Sri Gethuk. Akan tetapi saat musim kemarau datang, obyek wisata Sri Gethuk ini sepi pengunjung. Dikarenakan air terjun yang dulunya deras dan jernih, berubah menjadi kering dan kotor. Disarankan bagi wisatawan yang ingin berkunjung ke sini agar tidak mengunjungi Sri Gethuk saat musim kemarau.

Di sisi lain, saat matahari mulai turun merupakan waktu yang tepat untuk berkunjung ke Sri Gethuk dengan menggunakan transportasi roda empat maupun roda dua. Barang yang dibawa pun tidak perlu banyak, hanya perlu membawa makanan, minuman, baju ganti dan peralatan mandi. Selama perjalanan menuju Sri Gethuk wisatawan akan disajikan pemandangan hijau nan indah yang dapat memanjakan mata sehingga rasa lelah dan letih pun hilang. Sampai di sana, pengunjung akan disajikan dengan pepohonan dan tebing-tebing di sekitar area Sri Gethuk.

Burung-burung pun berkicau menyambut kedatangan pengunjung yang bermaksud untuk berlibur. Angin yang sejuk membuat pengunjung tidak sabar masuk ke dalam Sri Gethuk.  Tidak lupa juga di sana diberikan fasilitas masjid bagi kaum muslim untuk melaksanakan ibadahnya. Lingkungan penduduk di sana pun begitu ramah membuat pengunjung betah berlama-lama.

Sri Gethuk tidak hanya menawarkan keindahan pemandangan pepohonan saja tetapi juga terdapat air terjun yang mengalir deras dari atas bukit. Airnya pun dingin dan segar sehingga banyak pengunjung yang menyempatkan diri untuk mandi di sekitar air terjun tersebut. Untuk mencapai air terjun wisatawan bisa menaiki perahu mesin menyusuri sungai yang jernih sehingga wisatawan tidak perlu lelah berjalan kaki. Di sana juga disediakan persewaan pelampung bagi wisatawan yang tidak dapat berenang. Pengunjung dapat mengabadikan setiap momen dengan berfoto bersama maupun selfie. Akan tetapi ada beberapa peraturan yang perlu ditaati oleh pengunjung, salah satunya yaitu dilarang merusak ekosistem di area wisata Sri Gethuk. Contohnya pengunjung dilarang membuang sampah sembarangan. Hal ini dilakukan agar keindahan dan kesejukkan ekosistem yang diberikan Sri Gethuk tetap terjaga.

Pengunjung dapat menjelajahi pepohonan di sekitar Sri Gethuk dengan menggunakan pemandu maupun tidak. Tidak perlu takut tersesat karena terdapat petunjuk arah yang akan menuntun pengunjung ke tempat indah lainnya. Di dekat wisata Sri Gethuk terdapat sebuah goa yang diberi nama Goa Rancang Kencana. Goa ini dapat dikunjungi oleh wisatawan yang penasaran dengan isi di dalam goa tersebut. Goa ini seakan melengkapi keindahan Sri Gethuk yang penuh dengan pemandangan, tantangan dan keindahan yang membuat wisatawan ingin selalu berkunjung ke tempat wisata ini.

897 Total Views 1 Views Today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *