Perkecil ‘Jurang’ dengan KM, Marcomm FE UII Gagas Kerja Sama

Oleh: Ridho Haga Pratama

Bacaekon.com-Kampus. Selasa, 12 Mei 2015, kantor Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) Ekonomika mendapat kunjungan dari salah satu unit kerja dekanat Fakultas Ekonomi (FE) Universitas Islam Indonesia (UII), Marketing Communication (Marcomm) FE UII. Kunjungan yang diwakili oleh Aditya Anwar Nasrul ini dilakukan dalam rangka menawarkan kerja sama kepada LPM Ekonomika. Dalam kunjungan ini Didit, panggilan akrab Aditya, menawarkan jasa publikasi untuk setiap kegiatan kemahasiswaan yang diselenggarakan LPM Ekonomika.

LPM Ekonomika bukan satu-satunya. Tawaran menggiurkan ini rupa-rupanya juga dialamatkan Marcomm untuk seluruh organisasi intra Keluarga Mahasiswa (KM) FE UII. Didit sendiri adalah delegasi yang ditugaskan untuk menyambangi LPM Ekonomika dan Enterpreneur Community (EC). “Iya mas, habis ini saya mau ke Enterpreneur Community,” kata Didit sebelum beranjak dari kantor LPM Ekonomika.

Sementara siang itu, ketika diwawancarai di depan kantor Marcomm FE UII (13/5), Firnanda Sulistya Nurrahma, koordinator networking dan public relation, menerangkan bahwa program yang telah diwacanakan sejak tahun 2014 ini bertujuan untuk mendekatkan diri dengan mahasiswa yang berada di organisasi intra kampus. Ia merasa bahwa Marcomm dan lembaga kampus selama ini memiliki jarak. Lewat program ini ia berharap persepsi itu dapat diluruskan. “Ya saya pikir Marcomm seperti terlalu dipandang eksklusif, sehingga seperti ada barrier saja,” ungkap mahasiswi yang akrab disapa Firna ini.

Menyambut keinginan Firna, Nur Diana selaku staf networking dan Public relation Marcomm yang bertanggungjawab mensosialisasikan program ini ke organisasi intra kampus FE UII mengaku bahwa sejauh ini pihaknya sudah mengantongi respon positif dari tiap organisasi yang dikunjungi Marcomm. Pihaknya juga telah mendapat persetujuan dari Dewan Perwakilan Mahasiswa (DPM) FE UII untuk melaksanakan program ini, sehingga tindak lanjut dapat segera dilakukan dalam waktu dekat.

Adapun bentuk publikasi yang ditawarkan Marcomm adalah berupa publikasi acara dan artikel. Untuk mekanismenya, setiap organisasi akan ditangani oleh anggota-anggota yang didelegasikan Marcomm. Organisasi yang hendak mengadakan acara atau kegiatan dapat menghubungi anggota yang telah didelegasikan dan memberikan materi acara atau kegiatan yang hendak dipublikasikan. Materi akan diserahkan pada bagian Social Media untuk segera dipublikasi.

Sedangkan untuk artikel ilmiah, Marcomm akan melakukan peliputan pada kegiatan akademik seperti seminar dan lomba karya tulis. Hasil liputan akan diserahkan pada Vice President Marcomm yang saat ini dijabat oleh Sigit Pamungkas untuk disetujui. Setelahnya, hasil liputan akan dipublikasikan di situs fecon.uii.ac.id.

Selain publikasi, tambah Didit, Marcomm juga siap untuk memberi bentuk bantuan lain berupa pelatihan Master of Ceremony (MC), pemberian logistik seperti cindera mata untuk tamu yang diundang organisasi intra kampus FE UII, dan melatih pembuatan guideline yang ideal untuk proposal kegiatan.

“Program ini memang baru diawali, kita cuma berharap semoga program ini bisa terus dapat berjalan hingga ke depan nanti. Ya semoga saja bisa berlanjut seterusnya, begitu,” kata Nur Diana mengakhiri wawancara siang itu.

Reporter: Ridho Haga Pratama

636 Total Views 1 Views Today

Related Post

LAGU  BURUH TANI BERGEMA SAAT SEMATA

LAGU BURUH TANI BERGEMA SAAT SEMATA

  Oleh : Dewi Larasati (Foto:  Amelia Larasati) BACAEKON.COM-KAMPUS FE UII, (26/08) berlangsung kegiatan ospek…