PERIODE SINGKAT, TAK SURUTKAN TEKAD

PERIODE SINGKAT, TAK SURUTKAN TEKAD

(Sumber foto: http://kopma.fecon.uii.ac.id)

Oleh : Ulfa Fajria Ayub

Bacaekon.com-Kampus. Bertempat di Ruang Sidang Lembaga FE UII diadakan rangkaian terakhir RAT (Rapat Akhir Tahun) Lembaga Kopma FE UII pada Senin (2/5/2016). Acara ini dihelat dalam rangka pelantikan pengurus baru periode 2015/2016 sejumlah 25 orang serta tiga orang pengawas. Dihadiri oleh perwakilan Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Koperasi (Disperindagkop) Sleman, Lembaga Kopma se-DIY serta Lembaga kampus FE UII menambah semarak rangkaian acara ini dilihat dari penuhnya ruang siding kala itu.

“Visi dalam periode ini untuk membangun Kopma FE UII dengan sistem informasi yang berlandaskan nilai-nilai islam,” ujar Dendy Indramawan selaku ketua Kopma terpilih saat ditemui tim Ekonomika selepas penutupan acara. Periode ini merupakan periode keduanya dalam menjabat sebagai Ketua yang merupakan proses pemantapan dari perjalanannya pada tahap sebelumnya. “Untuk periode lalu memang sudah berjalan, pada periode ini tinggal pemantapannya saja,” tambah pria berkacamata ini.

Termasuk periode singkat, hal ini dilakukan untuk menyesuaikan tahun buku akuntansi, yang nantinya akan berakhir pada bulan Desember 2016. “Pada periode sebelumnya memang selama setahun, 12 bulan. Cuman pada periode ini, disesuaikan sampai Desember mengikuti tahun buku akuntansi,” ujar pria yang akrab disapa Dendy. Pembaharuan yang ada dalam periode ini terletak pada pengangkatan pembina dalam tubuh Kopma sendiri, yang saat ini dipegang oleh Ibu Sarastri, salah satu dosen dari prodi Ilmu Ekonomi (IE) serta telah menjadi badan hukum ber-NPWP.

Sebagai Lembaga Khusus yang berdiri di Fakultas Ekonomi, Kopma memiliki fungsi sebagai media pembelajaran bagi mahasiswa, khususnya dalam bidang perkoperasian. Tercatat hingga saat ini anggota Kopma berjumlah 150 orang yang berasal dari angkatan 2012-2015. Saat ini, Kopma telah membuka pendaftaran anggota baru setiap hari dimulai sejak pelantikan hingga seterusnya, yang nantinya pada setiap tanggal 25 akan diadakan Pendidikan Dasar Koperasi. “Kopma ingin memperbaiki sektor internal dulu, karena sejak dulu belum memiliki SOP yang jelas mengenai konsinyasi dan penjualan di toko. Selain itu, kembali lagi fungsi Kopma ini diluruskan kembali sebagai tempat ajang belajarnya mahasiswa dalam mempraktekkan ilmu yang telah diperoleh di kelas,” pungkas ketua Kopma mengakhiri wawancara.

Reporter : Ginola, Pradita, Rif’at, Ulfa

634 Total Views 1 Views Today

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *