Rekomendasi Tips

PENTINGNYA POLA HIDUP SEHAT BAGI MAHASISWA

(Sumber foto: deherba.com)

Oleh: Rafani Adhyapaka Shafira

Bacaekon.com-Tips. Gaya hidup mahasiswa jaman sekarang cenderung mengabaikan pola hidup sehat. Kuliah setiap hari, tugas datang bertubi-tubi, dari sore hingga malam hari tiada hentinya. Banyak kegiatan yang kita ikuti, nah hal tersebut dapat membuat mahasiswa malas untuk mengurus dirinya sendiri. Mulai dari pola makan yang tidak teratur, kurangnya waktu untuk berolahraga, makan-makanan yang tidak sehat, dan istirahat yang kurang. Akibatnya tubuh kita yang seharusnya vit, akan dengan mudah terserang berbagai penyakit. Untuk menghindari penyakit-penyakit yang tidak kita inginkan, maka kita sebagai mahasiswa harus memperhatikan pentingnya hidup sehat di usia muda. Berikut cara-cara yang dapat mengatur pola hidup kita agar tetap sehat.

  1. Sempatkan Waktu Berolahraga Setiap Hari

Sempatkan waktu setiap hari untuk olahraga ringan seperti lari kecil-kecilan, push up 10 – 20 kali, atau hanya sekedar merenggangkan otot. Itu akan sangat berarti bagi tubuh Anda atau sempatkanlah juga olahraga ringan minimal jalan kaki 2-3 jam di pagi hari karena dengan olahraga ringan tersebut sudah cukup menghindarkan tubuh dari penyakit jantung, stroke, diabetes dan osteoporosis. Selain itu jika mempunyai waktu yang lebih, daripada menghabiskan waktu untuk hal yang tidak penting, sebaiknya memilih kegiatan yang tepat sebagai pelampiasan, salah satunya dengan berolahraga. Olahraga seperti jogging, renang, jalan sehat, senam aerobik, olahraga yang bersifat rekreasi. Seperti olahraga outdoor, cobalah yang menantang seperti bungee jumping, parasailing, surfing, jumping rope, naik gunung atau panjat tebing.

 

  1. Banyak Makan Sayur dan Buah

Daya tahan tubuh kita harus tetap terjaga agar tidak terserang banyak penyakit. Sayuran mengandung antioksidan yang wajib dikonsumsi. Namun kebanyakan mahasiswa terutama yang ngekos cenderung selalu mengkonsumsi makanan yang serba instan seperti mie. Padahal barangkali banyak yang belum mengerti bahaya apa yang mengitari dari makanan tersebut. Jika dikonsumsi lama akan menyebabkan resiko ginjal, rusaknya sistem pencernaan dikarenakan zat kimia lilin pada mie. Ingat lebih baik mencegah dari pada mengobati. Nah, agar kembali ke pola hidup sehat, maka perlu mengurangi makanan tersebut, dan banyak mengonsumsi buah dan sayur. Buah pun tidak harus mahal, ada pisang, jeruk, mangga dan masih banyak lagi. Sayur pun juga tidak harus mahal, ada bayam, kangkung, pakcoi, dan lain-lain. Setidaknya mengkonsumsi buah dan sayur setiap hari dan untuk mengkonsumsi buah sebaiknya sebelum makan, agar manfaat dari buah sendiri dapat lebih dirasakan.

  1. Kurangi Jam Begadang

Kebanyakan begadang dilakukan oleh kalangan muda terutama remaja seperti kita. Namun, begadang dalam konteks ini ialah begadang yang kurang bermanfaat. Memang kehidupan malam itu lebih gemerlap dan lebih tenang dari pada siang, tapi apakah dengan cara begadang kita akan mendapatkan hasil positif? Pikirkan lagi, begadang tidak hanya menyita waktu istirahat, tetapi juga menyita energi dalam tubuh kita. Mengapa demikian, saat begadang tubuh kita sewaktu-waktu akan merasakan lapar sedangkan karenan kepraktisannya beberapa dari kita cenderung memilih mie instan sebagai solusinya dan itu tidaklah sehat jika dikonsumsi terlalu sering.

 

  1. Banyak Minum Air Putih
    Jangan remehkan yang satu ini, meskipun hanya air putih, tubuh kita membutuhkan sangat banyak asupan air, kebanyakan dari kita lebih memilih minum minuman yang berwarna, banyak mengandung pemanis buatan. Boleh saja kita minum minuman yang berwarna, namun apakah setiap minuman yang kita minum akan berguna bagi kesehatan kita? Tentu tidak, maka dari itu mulailah dengan memperbanyak asupan air putih yang kita konsumsi setiap harinya. Disarankan minumlah 2-3 liter perhari.

 

  1. Makanlah Secukupnya
    Makan secukupnya di sini bukan membatasi porsi makan kita, tapi pilihlah makanan yang perlu saja, tidak harus mewah, cukup murah namun tetap tidak mengesampingkan empat sehat lima sempurna. Maka dari itu makanlah secukupnya. Menurut ahli gizi Dr. Lanny Dewi, SPGK, hal yang harus diperhatikan dalam pola makan adalah jumlah makanan yang dikonsumsi, jenis makanan, dan jadwal makan. Idealnya jumlah makanan yang dikonsumsi harus sama dengan energi yang dihasilkan tubuh. Makanan ini dapat berupa karbohidrat sebanyak 55-65%, protein 10-15%, dan lemak 23-35%. Jadwal makan yang baik adalah 5-6 kali sehari, sarapan, snack, makan siang, snack siang, makan malam, dan snack malam. Namun perhatikan porsi seimbang dan jangan berlebihan serta hindari junkfood yang dapat berakibat fatal bagi tubuh seperti menyebabkan kolesterol dan kanker.

 

  1. Manajemen stres.

Tugas yang banyak, tidak bisa membagi waktu, gangguan batin, keuangan mengkerut terkadang membuat diri sulit untuk dikendalikan. Jadi strespun melanda. Cara untuk menanggulanginya cobalah beraktivitas di beberapa kegiatan selingan yang menyenangkan. Relaks dan lakukan hal-hal positif yang dapat menyalurkan hobi. Berkumpulah dengan teman setipe, dengarkan dan ikutlah nimbrung, bercerita seru dan lucu yang mampu membuat kita tertawa. Manajemen stres sangat diperlukan dalam menangani masalah-masalah yang kita hadapi agar kita dapat hidup lebih baik lagi.

 

  1. Jagalah Kebersihan dan Kerapian Lingkungan.

Belajar dalam kondisi bersih dan rapi jauh lebih nyaman dibanding dalam kondisi kotor. Kebersihan tidak hanya menguntungkan kita, tapi juga menguntungkan orang-orang di sekitar kita. Kerapian juga meningkatkan mood kita untuk semangat belajar. Oleh karena itu buatlah kondisi kita senyaman mungkin dan tentunya tidak mengusik kenyamanan orang lain.

 

Sumber :

http://tipsjalanihidup.blogspot.co.id/2015/03/tips-sehat-untuk-mahasiswa.html

http://korpusipb.com/kesehatan/perlunya-menjaga-pola-hidup-sehat-untuk-mahasiswa/

 

3445 Total Views 7 Views Today

1 thought on “PENTINGNYA POLA HIDUP SEHAT BAGI MAHASISWA

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *