Berita Kampus

Penghargaan Koperasi Berprestasi Untuk Kopma FE UII

Foto : Agung

Oleh :  Suci Brilianti Hermanto

Koperasi Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Islam Indonesia ( Kopma FE UII) meraih penghargaan sebagai Juara Harapan 1 Koperasi Berprestasi kategori Koperasi Konsumen. Penghargaan ini diterima dan diwakilkan oleh M.Iqbal Nurfaizi, selaku Ketua Umum Kopma FE UII, pada Selasa (09/07/2019) di Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah Kabupaten Sleman. Penghargaan diberikan dalam rangka peringatan Hari Koperasi Nasional ke-72, dan diberikan langsung oleh Sri Purnomo selaku Bupati Sleman.

Penghargaan ini merupakan bentuk apresiasi pemerintah terhadap kemajuan dan perkembangan kinerja yang dicapai oleh koperasi di Sleman. Pemberian penghargaan dibagi ke dalam lima kategori koperasi, yaitu koperasi simpan pinjam, koperasi konsumen, koperasi pemasaran, koperasi produsen, dan koperasi kelompok jasa. Sri Purnomo mengatakan “Penilaian dilaksanakan selama Maret hingga April 2019. Terdapat lima aspek koperasi yang dinilai, yang pertama yaitu aspek organisasi, kedua adalah aspek tata laksana dan manajemen berupa pelaporan Rapat Anggota Tahunan (RAT) serta pelaporan anggota aktif, ketiga adalah aspek produktivitas usaha, keempat adalah aspek manfaat keuangan Sisa Hasil Usaha (SHU) berupa laporan laba-rugi serta yang kelima adalah aspek pengembangan daya saing.”

Penghargaan yang diraih Kopma FE UII tidak terlepas dari kinerja seluruh pengurus saat ini dan periode sebelumnya, yaitu upaya peningkatan kualitas dalam administrasi, dan audiensi dengan Dinas Koperasi dan UMKM sehingga dapat menjadi rujukan Koperasi Berprestasi. Selaku ketua pengawas, Abdul Aziz Dzikrullah menegaskan, “Salah satu indikator yang dimenangkan Kopma FE UII dapat memberikan informasi administrasi melalui SIA Smart System. SIA memuat data simpanan SHU dan kini dilengkapi dengan poin keaktifan anggota. SIA dapat diakses di laman web kopmafeuii.com,”

Ditemui di Kopma FE UII, selaku Kepala Bidang Usaha, Fadilla Putri menambahkan bahwa Kopma FE UII membuka peluang unit usaha baru, yaitu katering dengan target pasar utama masyarakat FE UII. “Sesuai dengan RAT periode 2019-2020 kami membuka peluang dan unit usaha baru katering, target pasar utama FE UII. Dalam upaya kami setelah penghargaan ini, akan memaksimalkan simpanan anggota untuk dikelola. Baik berupa SHU, minat bakat dari PSDA dan acara-acara Kopma lainnya,”

Dari pihak Pengurus Kopma FE UII, Iqbal berharap dan meyakini, bersama  teman-teman dengan latar belakang pendidikan ekonomi yang dimiliki dapat lebih giat mengembangkan Kopma FE UII. Harapannya Kopma FE UII bisa menjadi tempat bercermin bagi beberapa Universitas di Yogyakarta lainnya karena mampu menyabet penghargaan tingkat nasional. 

Harapan dan rasa syukur juga tercurah dari Pembina Kopma FE UII, Sarastri Mumpuni Ruchba, beliau berpesan agar Kopma FE UII dapat meningkatkan usaha dan semakin berkembang karena melihat peluang prestasi dan keikutsertaan mahasiswa yang cukup banyak. Sesuai dengan Prinsip Kopma yaitu mandiri, diharapkan insan Kopma FE UII tidak merasa puas dengan penghargaan Harapan Satu Koperasi Berprestasi, tetapi terus menjadi lebih baik dalam berusaha. 

Reporter : Taufan, Adis, Suci

Editor : Azizah

 

 

212 Total Views 1 Views Today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *