Pameran Rupa-rupa Seni Rupa Nandur Srawung

Pameran Rupa-rupa Seni Rupa Nandur Srawung

(Foto: Phalini Herman)

Oleh: Phalini Herman

Bacaekon.com-Yogyakarta. Dalam rangka untuk memunculkan kembali semangat kebersamaan antar pelaku seni rupa di Yogyakarta, Dinas Kebudayaan Provinsi Jawa Tengah mengadakan pameran seni rupa. Mengangkat tema batik klasik dengan tempat pelaksanaanya berada di Taman Budaya Yogyakarta (TBY).

Pameran seni rupa ini adalah acara kedua dari Nandur Srawung yang berlangsung mulai dari 14–20 Oktober 2015. Dalam acara kali ini, Nandur Srawung menghadirkan 650 seniman yang berbeda mulai dari seni lukis, seni lukis dua dimensi dan tiga dimensi, patung, mural, dan masih banyak lagi.

“Nandur Srawung sendiri berarti menanam kebersamaan dalam pergaulan,” tutur Ali Gopal selaku salah satu curator Nandur Srawung. “Karena saya melihat banyak sekali perupa yang jarang untuk berdiskusi dengan perupa yang lain, seperti perupa lukis dan perupa patung, komunitasnya pelukis ya pelukis, patung ya patung,” tambah Ali Gopal yang ditemui di TBY pada Senin lalu (19/10).

Peserta Pameran Rupa-Rupa Seni Rupa ini berasal dari berbagai kalangan. Dari segala usia, kaum akademisi, disable dan kelompok masyarakat yang otodidak. Adapun setiap karya yang dihasilkan dibuat secara kelompok bukan individual sehingga misi Nandur Srawung dirasa telah tercapai. “Saat kita memberikan tema batik kepada para perupa, maka mereka akan berpikir bagaimana mengkolaborasikan batik dengan seni patung. Saat itulah ada komunikasi antar perupa, nah menanam kebersamaannyalah di situ,” ungkap Edo Nor Cahyo selaku salah satu penggagas Nandur Srawung.

Acara Pameran Rupa-Rupa Seni Rupa Nandur Srawung yang telah berlangsung sejak tahun 2014 ini rencananya akan menjadi acara rutin setiap tahun. Edo Nor Cahyo juga berharap pemerintah Indonesia lebih menghargai seniman layaknya profesi lain. Serta menyediakan fasilitas yang dapat menunjang kreatifitas seniman seperti ditingkatkannya lagi pembangunan galeri dan gedung pertunjukkan.

 

Reporter: Phalini Herman

1713 Total Views 1 Views Today

Related Post

LAGU  BURUH TANI BERGEMA SAAT SEMATA

LAGU BURUH TANI BERGEMA SAAT SEMATA

  Oleh : Dewi Larasati (Foto:  Amelia Larasati) BACAEKON.COM-KAMPUS FE UII, (26/08) berlangsung kegiatan ospek…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *