NELI: MEREKA HANYA MELIHAT KAMI SEPERTI PENGGANGGU

NELI: MEREKA HANYA MELIHAT KAMI SEPERTI PENGGANGGU

(Foto : Dok.Ekonomika)

Oleh: Madya Rizky Silviantari

Bacaekon.com-Yogyakarta. Berlokasi di KM 0 Yogyakarta dilakukan Aksi Yogyakarta Darurat Agraria, sebagai bentuk untuk memperingati Hari HAM Internasional. Aksi ini dipelopori oleh mahasiswa, pengemis kota, SMI  (Serikat Mahasiswa Indonesia), LP HAM, Kaham, LEM UII, PP, KPR, KOPRA (Komite Perjuangan Agraria). Pada Sabtu lalu (10/12), massa memulai aksi dari Jalan Malioboro hingga 0 KM. Para aksi tak hentinya menyerukan hak-hak mereka kepada pemerintah seperti kebesan bersosial dan mencari nafkah. Setibanya di lokasi (KM 0-red), massa aksi secara otomatis melingkar mengikuti pola yang ada di tengah jalan.

Namun ada yang berbeda dari aksi pada hari itu,  seorang wanita paruh baya yang nampak terlihat pada barisan aksi paling depan. Wanita tua bernama Neli Puspita tersebut mengaku sebagai “Kaum Miskin Kota”  yang merupakan pengemis jalanan. Sebagai seorang kaum yang merasa haknya terampas, Neli mengeluarkan unek-uneknya melalui aksi pada Sabtu lalu.

Neli Puspita, melantangkan beberapa janji dan keluhan kepada pemerintah terhadap rakyat kecil. Mulai dari janji akan didirikan tempat tinggal yang layak tetapi belum ada realisasinya hingga keluhan terhadap sikap para Satpol PP (Satuan Polisi Pamong Praja-red) yang kurang baik terhadap para pengemis. “Sanak saudara yang disayang-sayang saat ini banyak diambil (ditanggkap-red) Satpol PP. Teman-teman saya, mereka dilarang di jalan (mengemis-red) karena apa tak ada jalan keluarnya untuk menerangkan ke mereka. Mereka (pemerintah-red) hanya melihat kami seperti penganggu,” ucapnya.

Seperti yang diharapkan para aksi yang lainnya Neli Puspita, wanita asal Wonosari ini pun berharap pemerintah mau mendengarkan rakyat kecil dan mau memberikan hak-hak mereka yang tidak pernah didengarkan. “Saya kepinginnya pemerintah melihat rakyat kecil, jangan hanya dengan sebelah mata,” tutup Neli Puspita.

Reporter : Ilham Aditya P, Aulia Fathur, Madya Rizki, Rintan Fallah

 

13176 Total Views 1 Views Today

Related Post

LAGU  BURUH TANI BERGEMA SAAT SEMATA

LAGU BURUH TANI BERGEMA SAAT SEMATA

  Oleh : Dewi Larasati (Foto:  Amelia Larasati) BACAEKON.COM-KAMPUS FE UII, (26/08) berlangsung kegiatan ospek…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *