NASIHAT PENINGGALAN BAPAK

NASIHAT PENINGGALAN BAPAK

(Sumber foto : plus.google.com)

Oleh: Ginola Tri Shindy

Judul Buku      : Sabtu Bersama Bapak

Pengarang       : Adhitya Mulya

Penerbit           : Gagas Media

Jenis Buku       : Motivasi, Keluarga

Tebal Buku      : 278 halaman

Terbit               : Cetakan keduapuluh dua, 2016

ISBN               : 979-780-721-5

Bacaekon.com-Rekomendasi. Dua anak lelaki tumbuh dewasa dengan didikan bapaknya yang telah tiada. Bapak mereka, Gunawan Garnida divonis oleh dokter terkena penyakit Leukimia. Bapak hanya mempunyai waktu 1 tahun untuk bertahan. Bapak tahu dia tidak akan dapat melihat kedua anaknya tumbuh dewasa. Maka dari itu Bapak ingin kedua anaknya tumbuh dewasa tanpa kehilangan peran seorang ayah yang akan mengajari mereka tentang kebajikan dalam hidup. Dalam waktu 1 tahun sisa waktunya, Bapak membuat ratusan video yang di dalamnya terdapat pesan-pesan untuk kedua anaknya, yaitu Satya Garnida dan Cakra Garnida.

Setelah kematian Bapak, Satya dan Cakra dibesarkan oleh ibu kandung mereka, Bu Itje, seorang diri. Bu Itje mendidik kedua anaknya agar menjadi anak-anak yang cerdas, mandiri, dan mapan. Setiap Sabtu sore, Satya dan Cakra selalu diputarkan video-video dari  ayahnya. Agar kedua anaknya tidak kehilangan sesosok ayah. Dari video itu mereka menyadari arti pentingnya seorang ayah. Satya dan Cakra merupakan anak yang selalu mengikuti pesan-pesan dari bapaknya. Dari kecil Satya dan Cakra membantu Ibu Itje mengurus cafe yang didirikan Ibu Itje hingga dewasa.

Satya yang kini menggantikan peran ayahnya menjadi sosok pria yang pemarah dan keras. Satya yang kini telah memiliki 3 anak, memiliki sifat emosional dan tidak sabaran. Sehingga istri Satya pernah mengirimkan sebuah email agar ia tidak pulang dibandingkan harus melampiaskan amarahnya setiap kali pulang ke rumah. Berbeda dengan Satya, Cakra hingga saat ini masih belum memiliki pasangan. Cakra yang telah  fokus untuk menyiapkan materi, sampai lupa untuk mencari pasangan hidup untuknya. Cakra awalnya menolak dengan perjodohan yang dilakukan oleh ibunya, dikarenakan Cakra sudah merasa menemukan perempuan yang akan menjadi calon istrinya. Namun akhirnya, Cakra pasrah pada perempuan pilihan ibunya. Ternyata perempuan yang dijodohkan ibunya merupakan perempuan yang disukai Cakra selama ini.

Sementara itu, Ibu Itje menyimpan sebuah rahasia dan tidak ingin kedua anaknya mengetahuinya. Ibu Itje divonis terkena penyakit kanker payudara. Baginya kedua anaknya tidak pernah menyusahkannya sewaktu kecil, maka dari itu ia pun tak ingin merepotkan kedua anaknya.

Satya yang awalnya menjadi seorang pemarah kini mulai mengubah pribadinya menjadi kepala keluarga yang baik dan tidak mementingkan egonya. Begitu juga dengan Cakra yang akhirnya memutuskan untuk melamar perempuan yang dijodohkan ibunya menjadi pasangan hidup.

Penyakit Ibu Itje akhirnya diketahui oleh kedua anaknya. Ia tidak mampu menyimpan rahasia tentang penyakit kanker payudaranya terlalu lama. Setelah dijalankan operasi pengangkatan payudara, Ibu Itje akhirnya mengalami peningkatan kesehatan. Sehingga Satya dan keluarganya yang berada di Denmark memutuskan untuk pulang ke Indonesia. Di akhir buku ini, sebelum Cakra menikah, Satya memutuskan untuk memperlihatkan video terakhir dari ayahnya. Video ini berisikan pesan-pesan sebelum Cakra menikah.

Dalam novel ini, Adhitya Mulya benar-benar menyampaikan nasehat-nasehat dari orang tua untuk anaknya. Bagaimana seorang anak tumbuh dewasa tanpa kehadiran seorang ayah? Dan bagaimana ia memaknai makna dari setiap nasehat orang tua yang kini raganya tidak bisa lagi ia lihat? Novel ini terinspirasi dari penulisnya yaitu Adhitya mulia yang berawal dari pertanyaan kecilnya yaitu, “Pesan-pesan apa yang bisa saya berikan kepada anak-anak saya ketika saya meninggal nanti?”

 

4735 Total Views 1 Views Today

Related Post

Letter To Sweet Coffee

Letter To Sweet Coffee

Oleh: A. Gunawan Judul               : Surat Untuk Kopi Manis (Letter To Sweet Coffee) Penulis             :…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *