Tips

MERAWAT TAS KESAYANGAN

(Sumber foto: https://blog.tokopedia.com/wp-content/uploads/2014/10/Blog_)

Oleh: Della Nanda Luthfiana

Bacaekon.com-Tips. Setiap wanita pasti memiliki tas kesayangan yang sering digunakan dan terkadang ada juga yang mempunyai hobi untuk mengoleksinya dengan jumlah tas yang banyak. Karena koleksi tas yang banyak macam model dan jenisnya, kita tidak perlu bingung lagi untuk memadukan tas dengan baju dan sepatu ketika hendak berkegiatan di luar ruangan atau hanya sekedar pergi ke kampus dan kantor. Namun, koleksi tas tersebut sangat perlu diperhatikan perawatannya. Kamu pasti ingin kan semua koleksi tas yang kamu miliki tahan lama dan selalu tampak cerah seperti baru? Berikut beberapa tips untuk merawat tas dengan bahan kulit sintetis.

Cara pertama yang perlu dilakukan adalah menyimpan koleksi tas dengan cara yang benar. Yaitu dengan menyimpan tas kamu di dalam almari, tetapi harus tetap menjaga suhu kelembaban di dalamnya. Hal ini dapat diatasi dengan menyimpan kamper atau gel silica. Sebaliknya, jika kamu jarang menggunakan salah satu tas favoritmu, sebaiknya tas tersebut disimpan di dalam kantong penyimpanan khusus tas (dust bag). Lalu dalam beberapa waktu keluarkan tas tersebut dan cobalah untuk menganginkannya agar bau tidak menempel di tas.

Kemudian jaga tas kesayangan kamu dari kontak langsung dengan sinar matahari dalam waktu yang lama. Karena paparan sinar matahari dapat merusak permukaan kulit tas dan menyebabkan pecah-pecah dan tas terlihat retak. Untuk mengatasinya, sebaiknya gunakan lotion atau cairan perawatan khusus tas. Jangan langsung tuangkan lotion tersebut di atas kulit tas, karena akan menimbulkan noda baru pada kulit tas. Namun, sebaiknya tuangkan lotion ke telapak tangan kamu terlebih dahulu lalu gosok tangan kemudian lap tas kulit kamu dengan tangan yang sudah berbaur dengan lotion tersebut. Lakukan dengan sedikit tekanan ringan agar lotion menyerap dengan sempurna ke lapisan kulit tas. Kemudian ratakan lotion tersebut dengan menggunakan kain lembut lalu simpan kembali ke dalam sarung tas.

Cara selanjutnya yaitu jaga tas kamu dari cipratan air. Jika terlanjur terkena air, segera keringkan dengan alat yang aman yaitu lap kering dan bertekstur lembut yang mudah menyerap air. Kain yang lembut akan mengurangi intensitas gesekan dan goresan pada tas serta akan menjaga kondisi tas agar tidak lembab dan menimbulkan jamur pada tas. Namun, jika tas kamu sudah terlanjur tumbuh jamur maka jangan khawatir. Jamur dapat dihilangkan dengan cara menggosokkan sabun khusus kulit tas (saddle soap) menggunakan lap bertekstur lembut. Jika bercak jamur ada di bagian dalam tas, maka bersihkan dengan sikat halus lalu gosok dengan lap kering.

Merawat tas kulit kesayangan juga dapat dilakukan dengan mencucinya menggunakan cairan cuka. Persiapkan cuka dan tuangkan ke dalam wadah. Kemudian ambil lap karet, celupkan larutan cuka tersebut dan oleskan secara merata pada kulit tas terutama pada bagian tas yang kotor. Lakukan pada seluruh permukaan kulit tas hingga semuanya tercuci. Lalu cara yang terakhir dan harus sering dilakukan adalah hindari tas kesayangan kamu dari binatang serangga kecil seperti ngengat yang terkadang muncul di dalam almari. Sebaiknya kamu sering membongkar isi almari koleksi tas, dan keluarkan seluruh tasnya. Kemudian gunakan minyak kayu seperti vernish kayu dan lap pada bagian dalam dan luar almari. Diamkan sementara waktu hingga bau cairan tersebut tidak menyengat lagi agar nantinya tidak terserap ke dalam tas kulit kesayangan kamu.

Referensi :

http://www.tasarebags.com/index.php?route=information/news&news_id=2

 

1037 Total Views 2 Views Today

1 thought on “MERAWAT TAS KESAYANGAN

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *