MENILIK WEBSITE UII (Alexa Rank)

MENILIK WEBSITE UII (Alexa Rank)

(Sumber foto: ALEXA.COM)

Oleh: Fardholi Sahrizal

Bacaekon.com-Advertorial. Untuk mahasiswa Universitas Islam Indonesia (UII) tentu tidak asing dengan situs resmi uii.ac.id. Mungkin, sebelum menjadi mahasiswa pun pernah membuka situs tersebut. Untuk mencari berbagai macam informasi terkait UII, seperti fasilitas, informasi akademik, ataupun kegiatan apa saja yang ada di UII.  Lebih jauh, kita juga dapat melihat bagaimana kepopuleran dan kualitas situs tersebut, mempengaruhi pengambilan keputusan kita memilih universitas.

Proses penilaian suatu website, seperti uii.ac.id dapat diukur dengan melihat jumlah trafik pengunjung maupun kualitas kontennya. Kali ini penulis akan mecoba melihat situs uii.ac.id pada Alexa Rank (alexa.com). Sebuah situs yang memberikan informasi mengenai kualitas website, dengan melihat peringkatnya dalam kurun waktu tertentu.

Dalam grafik di gambar, uii.ac.id berada diperingkat global 59.753 pada bulan Januari tahun ini, naik 16.753 dalam tiga bulan terakhir. Dan menempati peringkat 936 Alexa Rank dalam negeri, dengan bounce rate sebesar 33,10 persen. Bounce rate diartikan sebagai presentase kunjungan pada suatu halaman di mana pengunjung masuk, lalu kemudian langsung pergi dari halaman tersebut. Atau tanpa membuka halaman lain pada website tersebut. Lebih singkatnya bounce rate sebagai alat ukur untuk mengetahui seberapa besar kualitas kunjungan pada sebuah website. Dan banyak pendapat webmaster, bounce rate yang baik ada disekitaran 20 persen. Semakin kecil angka presentasenya, dapat dikatakan website tersebut semakin diminati pengunjung.

Peningkatan bounce rate sangat tergantung pada konten website tersebut. Semakin menarik dan penting informasi yang terdapat pada uii.ac.id, semakin meningkat pula rangkingnya. Seperti pada 26 November 2015, titik puncak ranking global uii.ac.id pada angka 59.406 di beberapa bulan terakhir. Pada tanggal tersebut ada tiga artikel yang cukup menarik yaitu UII Tuan Rumah Liga Mahasiswa Basket se-Jateng dan DIY Tahun 2015 , Kampus Perlu Miliki Sistem Perlindungan Hak Kekayaan Intelektual , dan FIAI UII Launching Learning Innovation Center (LIC) . Meskipun tidak dapat dipastikan bahwa postingan artikel tersebut yang menarik perhatian pengunjung website, karena tidak ada informasi jumlah pengunjung pada halaman artikel-artikel tersebut.

Untuk melihat bagaimana uii.ac.id dicari pada berbagai mesin pencarian, calon pengunjung paling banyak menggunakan kata kunci universitas islam Indonesia, uii, Unisys, klasiber, klasiber uii. Dengan masing masing menyumbang presentase sebesar 9,13%, 9,02%, 7,77%, 5,13%, dan 3,90%. Dan sebagian besar menggunakan google.co.id sebagai mesin pencari. Penggunaan mesin pencari menyumbang 20,20 persen untuk mengetahui informasi tentang UII.

Artikel ini disponsori oleh UIINET, PT. Global Prima Utama

834 Total Views 1 Views Today

Related Post

One Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *