Galeri

Mencintai Budaya Itu Indah

Foto : Fifi

Narasi : Firyal Aulia Rahma

Indonesia adalah negeri kaya akan budaya dan penuh dengan perbedaan tapi itulah yang membuat Indonesia penuh warna. Sebagai generasi muda, kita wajib melestarikan budaya kita, salah satu seni budaya yang sangat familiar saat ini adalah seni tari Ratoeh Jaroe dari Aceh.

Foto ; Fifi
Gerakan di dalam tarian Ratoh Jaroe berangkat dari unsur kebersamaan dan kekompakan seluruh gerakan didominasi oleh kombinasi gerakan tangan serta badan.

 

Foto : Fifi
Para penari bergerak sambil mendendangkan lagu dan menepuk-nepuk dada, menjentikan jari sambil menggeleng-gelengkan kepala.
PHOTO-2019-11-30-12-04-29 (3)
Tarian banyak dilakukan dalam posisi duduk, tetapi sesekali sambil berdiri di atas lutut dan sesekali juga sambil membungkukkan badan.

 

Penari Ratoh Jaroe mengenakan busana tertutup rapat sesuai syariat Islam dan  budaya yang dipegang teguh oleh masyarakat Aceh.

 

Syahi melantunkan syair yang berisi pesan atau nasihat Islami dalam bahasa Aceh, dibawakan  sambil menabuh rapai yaitu alat musik pukul khas Aceh yang bentuknya menyerupai rebana, terbuat dari kayu dan kulit binatang.

 

 

Editor : Azizah

507 Total Views 1 Views Today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *