Mencari Berkah Ramadhan dengan Lebih Bijak

Mencari Berkah Ramadhan dengan Lebih Bijak

(sumber foto : http://punyasaya.co/)

Oleh: Dyah Kartika Putri

Bacaekon.com-Opini. Allah SWT memberikan kita kenikmatan yang luar biasa yang salah satunya adalah bisa bertemu dengan bulan Ramadhan tahun ini. Para salafush-shalih selalu memohon kepada Allah agar diberikan karunia bulan Ramadhan dan berdoa agar Allah menerima amal mereka. Bila telah masuk awal Ramadhan, mereka berdoa kepada Allah, ”Allahu akbar, allahuma ahillahu alaina bil amni wal iman was salamah wal islam wat taufik lima tuhibbuhu wa tardha”. Artinya, “Ya Allah, karuniakan kepada kami pada bulan ini keamanan,keimanan, keselamatan, dan keislaman dan berikan kepada kami taufik agar mampu melakukan amalan yang Engkau cintai dan ridhai”.

Oleh karena itu jangan sampai bulan yang penuh berkah dan kemuliaan ini  tidak bisa dimanfaatkan dengan baik untuk beribadah yang lebih khusyuk. Adapun beberapa hal yang mungkin sangat dekat dengan kita yang dapat memengaruhi kehusyukan dalam beribadah selama bulan ramadhan ini. Hal pertama yang dapat menyita banyak waktu dan tidak terasa yaitu saat menggunakan smartphone.Seseorang yang sedang memainkan dan menggunakan smartphone sering kali tidak terasa telah menyita banyak waktu. Terutama saat mengakses jejaring sosial bahkan seseorang bisa terlarut dan keasyikan.

Mungkin tidak berbeda jauh dengan internet, jika seseorang mengakses internet juga terkadang lupa akan waktu yang telah mereka lewatkan. Dalam hal ini penggunaan smartphone, media sosial, internet boleh-boleh saja dilakukan, asalkan penggunaannya sesuai dan tidak menyalahi syariat agama. Serta tidak membuka situs-situs yang dilarang sehingga dapat menganggu keutamaan beribadah dan tahu akan batasan waktu penggunaanya. Karena sangat disayangkan saat bulan Ramadhan seperti saat ini tidak dimanfaatkan dengan optimal untuk beribadah.

Sedangkan dari hasil riset yang dilakukan oleh Baidu Indonesia tentang waktu penggunaan internetbahwa 26,6 persen masyarakat mengakses internet lebih dari 5 jam, 14 persen sekitar 3-5 jam, 15,4 persen mengaksesnya selama 2-3 jam, 22,7 persen pada kisaran 1-2 jam dan 21,3 persennya kurang dari satu jam. (sumber : http://id.techinasia.com/baidu-indonesia-smartphone-akses-internet-mobile/). Dari hasil riset tersebut dapat diketahui bahwabanyak orang menghabiskan waktunya untuk mengakses internet dengan menggunakan smartphone atau perangkat akses internet lainnya.

Sedangkan karena saat ini tengah berada dalam bulan Ramadhan, alangkah baiknya jika penggunaan smartphone dilakukan dengan lebih bijak. Hal tersebut bisa dilakukan misalnya dengan cara mengunduh Al-quran digital, pengajian dan hal-hal lainnya yang dapat mendukung peningkatan diri kepada Allah SWT.

1099 Total Views 1 Views Today

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *