Menanti Usainya Sidang Umum Universitas

Menanti Usainya Sidang Umum Universitas

(sumber foto : http://arsip.uii.ac.id/)

Oleh : Restin Septiana

Bacaekon.com-Kampus. 61 hari telah berlalu semenjak dibukanya Sidang Umum Universitas (SU U), pada 3 Juni 2015. Hingga hari ini (2/08), belum terhembus kepastian kapankah SU U akan berakhir.

Proses lobi pimpinan Dewan Permusyawaratan Mahasiswa Universitas Islam Indonesia (DPM UII) pun terhitung berkisar lebih kurang satu bulanan. Seperti yang diakui oleh Aldhy Setyawan, ketua  (DPM UII) terpilih periode 2015/2016, “Memang dinamika di universitas (SU U) juga alot.”

Aldhy Setyawan yang ditemui di Fakultas Hukum (FH) pada Minggu (2/08) lalu juga menuturkan bahwa berangkat dari pasal dalam pedoman dasar kemahasiswaan setiap pengambilan keputusan harus mencapai mufakat yang berasal dari musyawarah. “Jika musyawarah tidak mencapai mufakat maka akan lobi lagi. Tidak ada voting di situ. Terus seperti itu, maka ketika alot konsekuensinya adalah SU Universitas akan lama,” tambahnya.

Alhasil konsekuensi dari belum berakhirnya SU U tersebut harus ditanggung, yaitu semakin dekatnya jadwal ospek baik di tingkat universitas maupun fakultas. Aldhy Setyawan juga mengungkapkan bahwa sebenarnya tidak ada batasan waktu dalam penyelenggaraan SU U. Namun yang biasanya membuat batasan adalah ospek. Sehingga dari hasil musyawarah legislatif terpilih universitas pada 7 Juli 2015, atas nama pimpinan sidang sementara waktu sebab belum terpilihnya jajaran pimpinan DPM U, maka dikeluarkan surat pemberitahuan untuk segera menyelenggarakan SU di setiap fakultas.

Aldhy Setyawan juga menuturkan permohonon maafnya ketika memberi sambutan pada pembukaan SU FE UII (31/07) terkait kemoloran dan alotnya dinamika internal DPM U. “Tapi kewajiban dari kami terutama saya untuk mengabarkan kepada kawan-kawan di fakultas mengenai progres di SU (universitas) kini telah sampai mana dan saya memperkirakan itu sudah 85%,” tambahnya.

Lantas Aldhy Setyawan juga menuturkan bahwa DPM U akan kembali menghubungi legislatif-legislatif di tingkat fakultas untuk bertemu dan mengabarkan bahwa sebaiknya SU F dipending lebih dulu. “Dan kemudian kita lanjutkan SU Universitas,” tutupnya.

 

Reporter : Affi, Restin

1356 Total Views 1 Views Today

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *