Menanti Pesta Demokrasi KM UII

Menanti Pesta Demokrasi KM UII

Oleh : Restin Septiana

Bacaekon.com-Infokampus. Tepat di hall kampus Universitas Islam Indonesia (UII) jl. Cik Ditiro, berlangsung rapat pleno terbuka Dewan Permusyawaratan Mahasiswa Universitas (DPM U) bersama perwakilan seluruh lembaga di UII. Berlangsung pada 18 Maret 2015, dari pukul 22.00-02.30 WIB, rapat pleno terbuka tersebut membahas perencanaan terkait pemilihan wakil mahasiswa (pemilwa) Keluarga Mahasiswa (KM) UII.

Kian dekatnya masa pemilwa KM UII, membuat DPM U seolah tancap gas hingga diadakannya rapat pleno terbuka tersebut. Jajah pendapat dipertontonkan dalam rapat pleno tersebut demi tercapainya kesepahaman dan kesepakatan guna berlangsungnya pemilwa. Sebab sejatinya persiapan pemilwa telah dilakukan pada Februari lalu. Inilah salah satu alasan dilakukannya rapat pleno terbuka. Guna melakukan persiapan serba kilat untuk pemilwa.

Beberapa bahasan telah disepakati, di antaranya tetap masuknya anggota DPM U dalam tim kerja, delegatoris dari setiap lembaga di UII dalam tim kerja, serta usulan jadwal pemilwa. Tim kerja yang dimaksud adalah Komisi Pemilihan Umum (KPU), Panitia Pengawas Langsung (Panwasla), serta Badan Pekerja (BP), yang kesemuanya memiliki peran dan fungsinya masing-masing. Diperkirakan pembentukan tim kerja telah berakhir pada akhir Maret 2015.

Sementara itu, berikut usulan jadwal pemilwa oleh DPM U kepada KPU,

  1. Tanggal 12 Mei 2015, pendaftaran bakal calon legislatif (bacaleg) tanpa perpanjangan hingga sebelum tahap berikutnya.
  2. Tanggal 17 Mei 2015, tahap wawancara dan tes tulis.

3  Tanggal 19 Mei 2015, pengumuman bacaleg yang lolos menjadi caleg.

4  Tanggal 19-23Mei 2015, masa kampanye caleg selama empat hari sedangkan satu hari berlaku masa tenang.

  1. Tanggal 24 Mei 2015, masa pemilihan caleg.
  2. Tanggal 27 Mei 2015, publish penguman.

Meski demikian, jadwal usulan tersebut masih dapat diubah sesuai dengan regulasi yang ditetapkan oleh KPU kemudian.

Patut dinantikan tentunya, pesta demokrasi KM UII yang tinggal menghitung hari. Berdoa saja, gelagat persiapan yang serba cepat mendapatkan hasil yang serba maksimal. Sebab mahasiswa tengah menantikan memilih wakilnya yang bekerja untuk mereka demi peningkatan kualitas mahasiswa UII.

1542 Total Views 1 Views Today

Related Post

LAGU  BURUH TANI BERGEMA SAAT SEMATA

LAGU BURUH TANI BERGEMA SAAT SEMATA

  Oleh : Dewi Larasati (Foto:  Amelia Larasati) BACAEKON.COM-KAMPUS FE UII, (26/08) berlangsung kegiatan ospek…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *