MEMULAI START-UP DARI UJUNG KAKI SAMPAI UJUNG KEPALA

MEMULAI START-UP DARI UJUNG KAKI SAMPAI UJUNG KEPALA

(Sumber foto: http://www.topbaru.com/)

Oleh: Arief Setya Negara

Bacaekon.com-Advertorial. Kemajuan teknologi berbasis internet dan didukung kecakapan masyarakat dalam melihat peluang bisnis menghasilkan dunia Start-up yang semakin berkembang. Meskipun terdapat 90,6 juta pengguna internet di Indonesia (riset Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia), tidak juga menentukan apakah bisnis yang sedang dibangun akan mengalami kesuksesan. Melihat bahwa begitu banyaknya Start-Up yang berdiri di negeri ini, mengharuskan para pelaku bisnis dan tentunya mereka yang hendak membangun agar tidak gegabah dalam mengambil tindakan.

Hal penting pertama yang harus dibangun adalah dengan memulainya dari ranah yang paling kecil, yaitu membangun tim yang solid. Bisnis ini membutuhkan pembagian peran dan fungsi yang kemudian di rangkum menjadi satu tim manajerial dengan fundamental yang kokoh. Biarpun wujud tata kelola perusahaan masih kecil-kecilan, namun lebih baik dibandingkan berjalan sendiri.

Pelaku dapat menggunakan sosial media dalam memberikan kesadaran merek, dengan tujuan untuk memangkas biaya operasional dan pemasaran. Setelah mengalami kemajuan, menggunakan website atau menciptakan piranti lunak telefon pintar sebagai alat pemasaran baru, dapat menjadi jalan yang tepat.

Tidak hanya memilihan alat pemasaran mana yang dibutuhkan, ekspansi produk dalam bisnis ini-pun juga harus dipertimbangkan. Alangkah lebih baiknya apabila pelaku bisnis memulainya dengan satu macam produk dan ekspansinya dilakukan ketika produk yang telah dikembangkan menjadi mapan di mata pasar. Contohnya Amazon.com yang memulainya dari penjualan buku elektronik dan ketika sudah mapan, perusahaan Start-Up besar ini baru mengembangkan ekspansinya di jasa CD, video, dan software, hingga menjadi Amazon saat ini.

Bisnis apapun, bahkan Start-Up sekalipun tidak dapat dilakukan dengan instan. Tentunya disetiap bisnis membutuhkan tahapan maupun proses. Google-pun tidak akan sebesar saat ini apabila dia tidak memulainya dari sekedar mesin pencarian.

 

Artikel ini disponsori oleh UIINET, PT. Global Prima Utama

13556 Total Views 6 Views Today

Related Post

SMART CITY KONSEP BARU BERBAGI INFORMASI

SMART CITY KONSEP BARU BERBAGI INFORMASI

(Sumber foto: http://www.nyoozee.com/) Oleh: Arief Setya Negara Bacaekon.com-Advertorial. Dalam dua tahun terakhir Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *