Melancong ke Timur Indonesia, Ada Pulau Matan di Sorong Papua Barat

Melancong ke Timur Indonesia, Ada Pulau Matan di Sorong Papua Barat

(Foto: Ageng)

Oleh: Ageng Ramadhanta

Bacaekon.com-Rekomendasi. Bagian timur Indonesia, Kota Sorong Provinsi Papua Barat tepatnya, terkenal dengan banyaknya wisata alam bahari yang masih sangat asri. Terletak di bagian ujung paling barat Pulau Papua, kota Sorong memiliki pulau-pulau kecil yang berada di sekitarnya. Salah satu pulau yang saat ini terkenal dan menjadi obyek wisata andalan wisatawan baik lokal maupun asing yakni Pulau Matan. Matan merupakan sebuah pulau kecil berukuran kurang lebih 5000 meter persegi. Untuk sampai ke pulau ini, wisatawan dapat menggunakan perahu motor dan menyebrangi laut selama 45 menit dari dermaga kota Sorong.

Pulau matan yang rindang dipenuhi banyak pohon-pohon besar yang melengkapi kenyamanan pengunjung untuk menikmati indahnya pantai dengan pasir putihnya. Suguhan degradasi warna laut biru muda dan biru tua memanjakan setiap mata yang memandang. Bebatuan hitam, besar dan kokoh melengkapi keelokan Matan di sudut-sudut pulaunya.

Pergi ke Pulau Matan bersama rombongan lebih dianjurkan. Selain karena suasana bersama rombongan dirasa lebih  ramai dan seru, juga lebih menghemat biaya transportasi penyeberangan dari dermaga kota Sorong sampai ke Pulau Matan. Selain itu pengunjung dapat membawa bekal makanan sendiri dari rumah. Apabila menginginkan nuansa kebersamaan, pengunjung dapat membawa bahan makanan dan kemudian mengolah atau memasaknya saat tiba di Pulau Matan.

Tempat ini bisa menjadi rekomendasi bagi pengunjung yang menginginkan suasana tenang, nyaman, dan jauh dari penatnya hingar-bingar perkotaan. Menghabiskan waktu liburan untuk menjalin keakraban bersama keluarga, teman, dan rekan kerja, tidak sia-sia jika memilih Pulau Matan sebagai tempat kunjungan wisata.

Hal yang perlu diperhatikan adalah selalu menjaga keasrian Pulau Matan yang eksotis. Semua pihak diharapkan dapat menjaga keindahan dan kelestarian pulau tersebut. Pengunjung pun harus memiliki tanggung jawab serta kesadaran yang tinggi dalam menjaga dan merawat Pulau Matan agar dalam jangka waktu yang panjang, Pulau Matan masih dapat dinikmati keindahannya seperti saat ini.

2351 Total Views 3 Views Today

Related Post

Jejak Petualang Seorang Diplomat Amerika

Jejak Petualang Seorang Diplomat Amerika

(Foto: ebooks.gramedia.com) Oleh: Ulfa Fajria Ayub Judul                  : Seperti Bulan dan Matahari, Indonesia dalam Catatan…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *