Berita Kampus

Masjid Direnovasi, Sholat pun Berpindah Lokasi

Oleh: Muhammad Irsan R

Bacaekon-Kampus. Menindaklajuti renovasi Masjid Al-Muqtashidin, pihak kampus Fakultas Ekonomi Universitas Islam Indonesia (FE UII) akhirnya memindahkan sementara fungsi masjid ke Hall Tengah pada tanggal 1 Mei 2015 lalu. Saat diwawancarai Tim Ekonomika (02/05), Gilang Mukti Prabowo selaku ketua Lembaga Dakwah Fakultas Jama’ah Al-Muqtashidin (LDF JAM) FE UII menjelaskan bahwa memang fungsi masjid harus dipindah. “Karena tangga yang ada di bagian ikhwan dan akhwat mau dijebol buat perluasan masjid, berarti nanti gak ada akses ke atas,” ucap Gilang. Saat ini terlihat di Hall Tengah telah digelar karpet shalat dan barang–barang masjid lainnya seperti mimbar dan pengeras suara.

Renovasi Masjid Al-Muqtashidin direncanakan akan memakan waktu lebih kurang 4 bulan. Sehingga sejak Bulan April hingga Juli mendatang, kegiatan LDF juga akan diadakan di Hall Tengah. “Kemungkinan setelah lebaran baru bisa dipakai, maka kegiatan ramadhan tahun ini akan kami adakan di Hall Tengah,” tutur mahasiswa Jurusan Manajemen itu.

Ia juga memaparkan bahwa pemindahan sementara masjid ke Hall Tengah merupakan keputusan rapat koordinasi antara LDF JAM dengan dekan. Renovasi tersebut rencananya akan memperbaharui beberapa bagian seperti atap, ruang takmir, dan perluasan di bagian timur masjid. Gilang melanjutkan bahwa pihaknya pun belum mengetahui di mana mereka akan memboyong barang–barang yang saat ini ada di ruang takmir. “Sampai sekarang belum menemukan tempat,” lanjutnya.

Ia mengatakan bahwa pihak kampus sempat mengusulkan untuk memindahkan ruang takmir ke ruang sidang lembaga. “Kalo takmir ikut dibongkar dan pindah, kami bakal melibatkan temen–temen lembaga juga (dalam berkoordinasi),” tutur Gilang. Sampai saat ini pun ruang takmir belum tersentuh untuk direnovasi, sehingga Gilang juga masih belum mengetahui kepastian renovasi takmir.

Kendala yang terjadi hingga sekarang adalah belum adanya pemberitahuan dari dekan mengenai pemindahan sementara masjid ke Hall Tengah. Padahal sebelumnya, Hall Tengah merupakan tempat berbagai kegiatan organisasi mahasiswa FE UII. “Kendala itu ada di hall. Soalnya hall itu kan tempat kegiatan organisasi FE. Kemarin banyak yang nanya kok tiba–tiba Hall untuk masjid,” ucap Gilang. Ia pun belum mengetahui di manakah pihak kampus akan memindahkan sementara kegiatan organisasi mahasiswa yang biasanya diadakan di Hall Tengah.

Reporter: Irsan

 

 

1344 Total Views 2 Views Today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *