Manajemen Aksi dan Simulasi Aksi, Belajar Menyampaikan Aspirasi

Manajemen Aksi dan Simulasi Aksi, Belajar Menyampaikan Aspirasi

(Foto : Ghani)

Oleh : Nadifa Indraswari

Bacaekon.com, Kampus-Kamis, (16/8/2018) di lapangan parkir depan Fakultas Psikologi Sosial dan Budaya Universitas Islam Indonesia (FPSB UII) diadakan kegiatan Pesona Ta’aruf UII 2018 (Pesta UII 2018) hari kedua. Salah satu rangkaian acara pada Pesta UII 2018 ini adalah manajemen aksi dan simulasi aksi.

Kegiatan yang diagendakan setiap tahun ini mengenalkan kepada mahasiswa baru tentang perangkat aksi, bentuk aksi dan kode etik. Ada lima perangkat aksi yang dikenalkan kepada mahasiswa baru yaitu, orator (yang melakukan orasi), negosiator (yang bernegosiasi kepada pihak yang berkepentingan), agitator (pembangkit semangat para orator), korlap (yang berkoordinasi di lapangan) dan kordum (yang bertanggungjawab). Nilai-nilai profetik yang terdiri dari humanisasi, liberasi dan down tendency dipilih menjadi tema dari kegiatan ini.

Manajemen aksi dan simulasi aksi memiliki tujuan agar ahasiswa baru dapat mengetahui tempat, peran, dan fungsi mahasiswa sebagai agent of change, agent of social control, iron stock, dan moral force. Untuk memperjuangkan juga hal-hal sekelilingnya agar mereka itu sadar bahwa di sekelilingnya itu banyak yang perlu diperjuangkan,” ungkap Falah Firdan selaku Koordinator Divisi Acara mengenai tujuan dari kegiatan tersebut.

Muhammad Farhan mahasiswa baru dari Fakultas Teknologi Industri (FTI) yang pada simulasi aksi berkesempatan menjadi orator dan mendapat keberanian maju ke atas panggung dengan semangat bercerita tentang pengalamannya. “Ya bekal untuk demo kita udah tau, buat nyampein aspirasi ke pemerintah misalnya,” ungkapnya. Sama dengan Alin Dwiayanu Suparja, mahasiswa baru dari Fakultas Ekonomi ini juga mengungkapkan  pengalamannya saat melakukan simulasi aksi. “Makin ngerti gitu, terus makin bisa mengerti masalah lingkungan gitu, jadi bisa mendekatkan diri ke lingkungan,” ujar Alin.

Kegiatan manajemen aksi ini tidak lepas dari peran pentingnya pemateri yang dapat menyulut semangat peserta Pesta UII 2018. Ditemui di depan kantor Lembaga Eksekutif Mahasiswa (LEM), Fadhila Adkiras selaku perwakilan Komisi A Steering Committee (SC), menyampaikan bahwa pemateri manajemen aksi berasal dari perwakilan setiap Dewan Perwakilan Mahasiswa (DPM) Fakultas, LEM Fakultas, dan DPM Universitas. “Sudah tahu siapa-siapa saja yang memang concern ke bidang (aksi-red) kaya gitu itu, makanya aku pilih orang-orang itu,” ungkapnya ketika ditanyai alasan dibalik pemilihan pemateri manajemen aksi.

Reporter : Nadifa, Ghani, Sinta

24437 Total Views 3 Views Today

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *