Opini

Loyalitas Keluarga Ilmu Ekonomi dalam Menyukseskan Forsi Geniko

Foto : Dokumen penulis

Oleh : Barik Wahyu Romadlon

Forum silaturahim generasi Ilmu Ekonomi atau yang biasa disebut Forsi Geniko adalah salah satu momen yang sakral bagi pertemuan mahasiswa Ilmu Ekonomi FE UII. Momen makrab atau malam keakraban keluarga besar Ilmu Ekonomi sudah menjadi tradisi yang sudah berlangsung hingga saat ini. Agenda besar ini tidak hanya mengakrabkan generasi baru Ilmu Ekonomi, namun dengan adanya agenda tersebut dapat mempertemukan dan memperkenalkan generasi Ilmu Ekonomi dari lintas angkatan, mulai dari angkatan pertama hingga angkatan baru.

Agenda malam keakraban ini sudah berlangsung sejak sekian tahun, pada tahun 2013 mulai dirumuskan istilah yang hingga kini dipakai, yakni Forsi Geniko. Sebagai mahasiswa baru Ilmu Ekonomi sudah sewajibnya mengikuti agenda ini sebagai bentuk rasa persatuan dan kekeluargaan dalam keluarga besar Ilmu Ekonomi. Momen penyambutan dan untuk menghangatkan rasa bagi generasi baru Ilmu Ekonomi.

Forum mahasiswa Ilmu Ekonomi (FMIE) atau dalam istilah lembaga disebut dengan HMJIE merupakan lokomotif dari terselenggaranya Forsi Geniko. Acara yang diselenggarakan ini merupakan bagian dari program kerja wajib bagi setiap kepengurusan HMJIE. Divisi internal dalam kepengurusan HMJIE sebagai wadah atau yang bertanggung jawab khusus atas terselenggaranya Forsi Geniko. Mulai dari pembentukan panitia Organizing Committee (OC) maupun Steering Committee (SC) hingga mengawal proses berjalannya agenda tersebut sampai selesai.

Forsi Geniko sendiri mempunyai tradisi, bahwa panitia penyelenggara adalah mahasiswa Ilmu Ekonomi yang terdiri dari angkatan kedua, sebagai OC, dan angkatan ketiga sebagai SC. Menjadi refleksi bersama bagi angkatan yang sudah tidak mempunyai tanggung jawab sebagai panitia, namun tanggung jawab moral dalam menyukseskan acara tersebut tetap mengakar dalam diri dari setiap angkatan keluarga besar mahasiswa Ilmu Ekonomi yang masih aktif maupun yang sudah menjadi alumni.

Menjadi perhatian dan keseriusan bersama dalam setiap kepengurusan HMJIE untuk Forsi Geniko sebagai bentuk tanggung jawab yang sudah menjadi tradisi. Karena untuk mempersiapkan agenda besar ini tentu panitia perlu dibentuk dengan segera dan mempersiapkan dengan matang, mulai dari konsep, teknis dan kebutuhan lainnya. Karena menjadi panitia Forsi Geniko tidaklah dengan waktu yang singkat, namun minimal waktu yang dibutuhkan untuk mematangkan agenda tersebut adalah 6 bulan.

Sudah menjadi rahasia umum bahwa Ilmu Ekonomi mempunyai nilai lebih dalam hal kekompakan dan keakraban mahasiswa khususnya di Fakultas Ekonomi UII. Tentu menjadi budaya bersama untuk menjalin silaturahim antara angkatan maupun seangkatan untuk saling peduli dan mengasihi. Maka kewajiban bersama bagi keluarga besar Ilmu Ekonomi untuk merawat budaya dan tradisi yang sudah terbangun sejak lama tersebut.

Bentuk kemeriahan dan partisipasi terselenggaranya Forsi Geniko dapat dirasakan dari setiap tahun ke tahun yakni panitia OC dan peserta selalu mempunyai jumlah (kuantitas) yang relatif seimbang. Hal ini menunjukan begitu besar partisipasi dari mahasiswa baru dan panitia dalam menyukseskan agenda besar tahunan keluarga besar mahasiswa Ilmu Ekonomi. Tentu saja  dalam hal ini tidak hanya dimeriahkan oleh mahasiswa baru dan panitia, namun dari angkatan yang terdahulu (alumni), mahasiswa aktif dan dosen Ilmu Ekonomi juga ikut serta dalam menyambut kehangatan malam keakraban tersebut.

Dukungan untuk Forsi Geniko dari lintas angkatan keluarga besar Ilmu Ekonomi dalam rangka memudahkan dan melancarkan agenda besar tersebut sudah tentu menjadi kewajiban bersama tanpa diminta. Baik itu dukungan materiil dan non-materiil tentu sangat dinanti oleh mahasiswa baru Ilmu Ekonomi, panitia Forsi Geniko, pengurus HMJIE untuk meringankan segala hal selama proses terselenggaranya Forsi Geniko.

Harapan besar dari mahasiswa Ilmu Ekonomi untuk Forsi Geniko 2019 dapat menyambut mahasiswa baru dengan semangat ria dan mempunyai bargaining position. Karena salah satu tolak ukur yang menjadi tradisi keberhasilan suatu angkatan di program studi Ilmu Ekonomi adalah dengan mampu menghadirkan dan mempersiapkan Forsi Geniko yang lebih meriah atau progresif dibanding dengan angkatan sebelumnya.

Hidup Mahasiswa !!!

IE Satu

IE Keluarga

IE Satu Keluarga !!!

Yogyakarta, 16 April 2019

706 Total Views 1 Views Today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *