LiFi, AKSES INTERNET BERKECEPATAN KILAT

LiFi, AKSES INTERNET BERKECEPATAN KILAT

(Sumber foto: merdeka.com)

Oleh: Dimas Putra

Bacaekon.com-Advertorial. Seiring dengan berjalannya waktu, perkembangan teknologi khususnya dalam menyediakan akses internet yang cepat sudah menjadi kebutuhan utama di kalangan masyarakat pengguna internet. Sebuah teknologi nirkabel baru yang bernama LiFi (Light Fidelity) saat ini sedang menjalani proses pengujian oleh para ilmuan. Seperti yang diwartakan oleh Republika, teknologi nirkabel ini menstransmisikan data berkecepatan tinggi dengan menggunakan kekuatan cahaya kasat mata (visible light communication atau VLC) hingga mencapai kecepatan 224 gigabite perdetik di laboratorium.

Uji coba terbuka yang pertama kalinya menargetkan kantor dan lingkungan industri (Talin, Estonia), dengan target kecepatan transmisi data hingga 1 Gbps, atau sekitar 100 kali lebih cepat dibandingkan dengan rata-rata kecepatan Wi-fi biasa. Hal yang cukup menakjubkan dikutip oleh KOMPAS.com dari IEEE Spectrum, “LiFi” mampu mencapai kecepatana ihingga 100Gbps, berkali-kali lipat lebih cepat dari apa yang diharapkan semula, bahkan lebih cepat dari standar Wi-fi tercepat saat ini (802.11ac) yang hanya bisa mencapai angka 7 Gbps.

Proses penerapan yang masih sedikit rumit merupakan salah satu kelemehannya,  sistem ini masih membutuhkan tempat di langit-langit ruangan yang langsung mengarah ke perangkat tujuan dengan dilengkapi reciver, sama seperti penerapan koneksi infra merah pada zaman dahulu. Sistem ini tidak begitu praktis jika dibandingkan dengan WiFi, masih banyak perlu dilakukan perbaikan. Namun dengan kecepatannya yang luar biasa LiFi sangat memungkinkan untuk digunakan pada penerapan aplikasi tertentu. Sumber: beritagar.id

Artikel ini disponsori oleh UIINET, PT. Global Prima Utama

 

439 Total Views 1 Views Today

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *